SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku Konsumtif Remaja Putri di SMAN8 Malang pada Pembelian melalui Online Shop

Syaela Elmia

Abstrak


ABSTRAK

 

Elmia, Syaela. 2011. Perilaku Konsumtif Remaja Putri di SMAN8 Malang pada Pembelian melalui Online Shop.Skripsi, Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)  Dr.H. Adi Atmoko M.Si, (II) Anies Syafitri S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci : perilaku konsumtif, online shop, remaja putri.

 

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, memberikan peluang besar terhadap bisnis online. Pemasaran Online (online marketing) dilakukan  melalui sistem komputer online, yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya perilaku konsumtif remaja putri pada pembelian melalui online shop.  Penelitian ini difokuskan pada remaja putri di SMAN 8 Malang.

Penelitian kualitatif ini menggunakan rancangan studi kasus. Untuk memilih subjek yang sesuai dengan tujuan penelitian maka di lakukan seleksi dengan menggunakan alat pengumpul data kuantitatif  yang mengukur tingkat perilaku, kemudian terpilih 5 orang subjek sebagai sumber data kualitatif. Pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam serta observasi yang dilakukan secara terpisah dengan penjagaan privasi waktu dan lokasi. Analisis data wawancara digunakan dengan teknik analisis tematik setelah sebelumnya dilakukan koding terhadap verbatim hasil wawancara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi pembentukan perilaku konsumsi pada  belanja online, yaitu : faktor lingkungan, meliputi budaya, keluarga, pengaruh pribadi, dan faktor psikologis,meliputi sumber daya konsumen, motivasi dan keterlibatan, gaya hidup, sikap, kepribadian dan gaya hidup. Saran bagi remaja putri, diharapkan dapat lebih mengendalikan diri dalam melakukan pembelian melalui online shop. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian mengenai perilaku konsumtif dengan subjek yang berbeda.