SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Bimbingan ke Arah Penerimaan Diri untuk Siswa SMP

Khuriyatul Ikrimah

Abstrak



ABSTRAK

 

Ikrimah, Khuriyatul. 2011. Pengembangan Paket Bimbingan ke Arah Penerimaan Diri untuk  Siswa  SMP.  Skripsi.  Jurusan  Bimbingan  Konseling  dan  Psikologi, Fakultas  Ilmu  Pendidikan, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing:  (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd., (II) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

Kata Kunci: Paket Bimbingan, Penerimaan diri, siswa SMP

 

Siswa SMP yang berada dalam usia remaja sering mengalami masalah terkait penerimaan diri. Penerimaan diri yang rendah akan memicu tindakan-tindakan yang tidak tepat. Kondisi ini tentu saja tidak boleh dibiarkan, apalagi remaja sebagai individu yang sedang berada dalam proses berkembang ke arah kematangan atau kemandirian. Berdasarkan hasil wawancara dengan konselor di SMP negeri 2 Turen sebagai tempat penelitian, diketahui bahwa paket bimbingan ke arah penerimaan diri belum dimiliki. Selain itu layanan bimbingan ke arah penerimaan diri juga belum diberikan oleh konselor, khususnya di kelas 7. Dari hasil analisis need assessment yang dilakukan kepada siswa kelas VII, diketahui bahwa siswa sangat membutuhkan informasi tentang penerimaan diri bentuk paket bimbingan. 

Tujuan pengembangan ini yaitu menghasilkan Paket Bimbingan ke Arah Penerimaan Diri yang terdiri dari 2 buah buku, yaitu buku panduan bimbingan ke arah penerimaan diri (untuk konselor) dan buku  modul bimbingan ke arah penerimaan diri (untuk siswa), yang sesuai standar akseptabilitas. 

Prosedur pengembangan paket bimbingan ke arah penerimaan diri ini diadaptasi dari model Borg & Gall (1983). Penulis mengembangkan paket bimbingan  tersebut hanya sampai pada tahap uji ahli dan uji calon pengguna produk (uji coba lapangan awal). Uji ahli dilakukan oleh 2 orang ahli BK. Uji calon pengguna produk dilakukan oleh 2 orang konselor SMP. Data yang diperoleh dari uji ahli dan uji calon pengguna produk berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui skala penilaian akseptabilitas dan masukan/saran perbaikan yang ditulis dalam lembar saran yang tersedia.

Hasil penilaian dari 2 ahli BK dan 2 calon pengguna produk terhadap draft paket bimbingan ke arah penerimaan diri, diperoleh  rata-rata nilai kegunaan 3,4, rata-rata nilai kepraktisan 3,10, rata-rata nilai ketepatan 3,30, dan rata-rata nilai kemenarikan 3,15, dalam rentang nilai 0-4. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan sangat berguna, sangat praktis, sangat tepat dan sangat menarik, memiliki keberterimaan segi teoritis. Paket bimbingan ke arah penerimaan diri ini dapat digunakan oleh siswa SMP sebagai sarana memperoleh wawasan dan pengetahuan  tentang penerimaan diri dengan sangat praktis, tepat, dan menarik. Paket bimbingan ini juga dapat digunakan oleh konselor SMP sebagai salah satu alternatif media dalam memberikan layanan bimbingan tentang penerimaan diri dengan sangat praktis, tepat dan menarik.

Saran-saran yang diberikan oleh Penulis untuk pemanfaatan paket bimbingan ke arah penerimaan diri ini antara lain: (1) konselor sekolah tempat pengembangan, dapat memanfaatkan paket bimbingan ini sebagai salah satu media dalam memberikan layanan bimbingan tentang penerimaan diri. (2) untuk peneliti selanjutnya, perlu melakukan penelitian lebih lanjut sampai pada uji coba produk pada sasaran yaitu siswa, agar diketahui keefektifan paket bimbingan ke arah penerimaan diri yang dihasilkan.