SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Penyelenggaraan Layanan Bimbingan dan Konseling melalui Modul Di SMK Negeri 2 Malang

Siwi Wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, Siwi. 2011. Studi Penyelenggaraan Layanan Bimbingan dan Konseling Melalui Modul Di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd., (II) Dra. Henny Indreswari, M.Pd.

 

Kata Kunci: Bimbingan dan konseling, layanan bimbingan, media, modul

 

Modul merupakan salah satu media bimbingan dan konseling. Di antara sekolah-sekolah yang menggunakan modul sebagai media layanan bimbingan dan konseling, salah satunya adalah SMK Negeri 2 Malang. Bahkan SMK Negeri 2 Malang merupakan sekolah yang dinilai berhasil menggunakan modul dalam waktu yang relatif lama, sehingga menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang lain. Demikian pula dengan modul yang digunakan dijadikan sebagai contoh bagi SMK di Kota Malang. Terkait dengan hal itu, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui deskripsi modul, makna modul bagi konselor dan siswa, penyelenggaraan layanan bimbingan melalui modul, serta hasil layanan bimbingan melalui modul di SMK Negeri 2 Malang.  

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Malang yang berlokasi di jalan Veteran No. 17 Malang. Data penelitian diperoleh dari siswa, konselor serta dokumen BK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan keikutsertaan di lapangan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Penelitian dilakukan secara sistematis meliputi tahap pra-penelitian, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisis data meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data, dan  penarikan kesimpulan.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul BK di SMK Negeri 2 Malang adalah Modul Bina Karir Bimbingan dan Konseling. Modul tersebut dimaknai oleh konselor dan siswa sebagai media layanan informasi, pedoman/panduan, instrumen penilaian, sumber informasi, bahan belajar mandiri, dan sebagai buku pelengkap. Media modul kurang diminati oleh siswa, namun media film dan video motivasi sangat diminati oleh siswa. Layanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 2 Malang menggunakan sistem pengajaran konvensional yang menggunakan metode ceramah untuk menyajikan materi dalam modul. Ada perubahan kognitif, afektif, dan psikomotorik selama pelaksanaan layanan bimbingan melalui Modul Bina Karir Bimbingan dan Konseling, namun perubahan tersebut juga karena intervensi lingkungan di sekitar siswa.  

Berdasarkan temuan-temuan penelitian, disarankan kepada konselor SMK Negeri 2 Malang untuk memperbanyak layanan bimbingan melalui media yang disukai siswa, yaitu film dan video motivasi. Namun jika konselor tetap mempertahankan modul, maka seyogyanya materi yang disajikan dalam modul sesuai dengan kebutuhan siswa serta memungkinkan siswa menjadi pebelajar yang aktif sehingga tidak hanya duduk menyimak saja.