SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Prestasi Belajar Dengan Kenakalan Remaja

Siti Rohanandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohanandari,  Siti.  2011.  Hubungan  Antara  Perhatian  Orang  Tua  Dan  Prestasi Belajar  Dengan  Kenakalan  Remaja.  Skripsi.  Program  Studi  Psikologi,  Jurusan Bimbingan  Konseling  dan  Psikologi,  Fakultas  Ilmu  Pendidikan,  Universitas Negeri Malang.  Pembimbing  (1)  Dra.  Sri Weni Utami, M.  Si,  (2)  Ika  Andrini Farida, S. Psi, M. Psi.

 

Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar, Kenakalan Remaja

 

Pada  saat  ini,  kita  sering  melihat  fenomena  tentang  meningkatnya  kenakalan yang dilakukan oleh remaja - remaja sekolah dan harus ada cara untuk menanggulanginya  dari  berbagai  pihak  dan  sudut  pandang,  baik  pendidikan, agama, psikologis maupun  sosiologis.

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi perhatian orang  tua, untuk mengetahui deskripsi prestasi belajar, untuk mengetahui  deskripsi  kenakalan  remaja,  untuk  mengetahui  hubungan  antara perhatian orang tua dengan kenakalan remaja, untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dengan kenakalan remaja, dan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan prestasi belajar dengan kenakalan remaja. 

Penelitian  ini  dilakukan  di  SMP  Negeri  2  Kademangan,  Blitar,  dengan jenis  penelitian  kuantitatif.  Rancangan  penelitian  yang  digunakan  adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 210 orang dan sampel sebanyak 42 orang. Jenis instrument yang digunakan dalam penelitian ini  berupa  skala  perhatian  orang  tua  dan  kenakalan  remaja  dengan  model penskalaan  Likert.  Untuk  variabel  prestasi  belajar  menggunakan  dokumentasi yaitu  berupa  kumpulan  nilai  UAS  semua  mata  pelajaran.  Analisis  deskriptif menggunakan mean dan standar deviasi mutlak. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan analisis regresi.

Hasil  penelitian  ini menunjukkan  bahwa  perhatian  orang  tua  pada  siswa berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 61,9 % ( 26 orang ) hal ini membuktikan bahwa  perhatian  orang  tua  pada  siswa  sangat  baik.  Prestasi  belajar  juga  berada pada  kategori  tinggi  yaitu  sebesar  66,67 %  (  28  orang  ). Hal  ini membuktikan bahwa  prestasi  belajar  siswa  sangat  baik  pula.  Kenakalan  remaja  berada  pada kategori rendah yaitu sebesar 76,19 % ( 32 orang ). Dari hasil analisis korelasional diketahui  bahwa  terdapat  korelasi  negatif  antara  perhatian  orang  tua  dengan kenakalan remaja (rxy = -0,640, p=0,000), antara prestasi belajar dengan kenakalan remaja  (r  xy  =  -0,509,  p=0,001).  Dari  hasil  analisis  regresi  diketahui  bahwa terdapat  sumbangan  faktor  perhatian  orang  tua  dan  prestasi  belajar  dengan kenakalan remaja sebesar 42,5 %. Hal  ini berarti bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima.

Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyarankan kepada beberapa pihak yaitu : (1) pihak sekolah, hendaknya berupaya untuk menjadi lembaga yang memberikan  motivasi  dan  bimbingan  kepada  siswanya;  (2)  pihak  keluarga, hendaknya  tetap  memberikan  perhatian  kepada  putra  putrinya;  (3)  diharapkan siswa  tetap  mempertahankan  prestasi  belajar  dan  mematuhi  aturan  di  sekolah maupun  di  luar  sekolah;  (4)  bagi  peneliti  lain,  hendaknya  dapat meneliti  lebih mendalam  tentang  hubungan  antara  perhatian  orang  tua  dan  prestasi  belajar dengan kenakalan remaja.