SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Agustina Anny Mathilda. 2011. Pola Disiplin Orang Tua Pada Siswa yang Mengalami Masalah Belajar di Sekolah Menengah Pertama Kristen Setia Budi Malang. Skripsi,

Agustina Anny Mathilda Nadapdap

Abstrak


ABSTRAK

 

Nadapdap, Agustina Anny Mathilda. 2011. Pola Disiplin Orang Tua Pada Siswa yang Mengalami Masalah Belajar di Sekolah Menengah Pertama Kristen Setia Budi Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Fattah Hidayat, S.Psi., S.E., M.Si., (II) Nur Eva, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: pola disiplin, orang tua

 

Sekolah Menengah Pertama Kristen Setia Budi adalah salah satu Menengah Pertama yang ada di Kota Malang. Di sekolah ini terdapat beberapa siswa kelas IX yang mengalami masalah belajar, sementara sekolah ini akan menyelenggarakan Ujian Akhir Nasional.  Salah satu hal yang menarik untuk diteliti yaitu bagaimana pola  disiplin orang tua pada siswa yang mengalami masalah belajar di Sekolah Menengah Pertama Kristen Setia Budi Malang. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui bagaimana pola disiplin orang tua pada siswa yang mengalami masalah belajar di Sekolah Menengah Pertama Kristen Setia Budi Malang.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif  yaitu jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah di rumah orang tua siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Kristen Setia Budi di Kota Malang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Keseluruhan data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan metode reduksi data, melaksanakan display data, dan mengambil kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data yang ditemukan yaitu dengan menggunakan metode ketekunan pengamatan dan triangulasi data, dengan mewawancarai pihak kepala sekolah, wali kelas dan guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Pertama Kristen Setia Budi Malang.

Berdasarkan penelitian ini diketahui hasilnya yaitu adanya 1) Kontrol orang tua, 2) Inisiatif belajar anak. 3) Pola disiplin orang tua. Ditemukan ada 3 pola disiplin orang tua yaitu; 1) kontrol ayah tinggi, kontrol ibu rendah dan inisiatif belajar anak cukup tinggi, 2) kontrol ayah rendah, kontrol ibu rendah dan inisiatif belajar anak rendah, dan yang ke-3) kontrol ayah tinggi, kontrol ibu rendah dan inisiatif belajar anak rendah.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan 1) Bagi orang tua hendaknya lebih meningkatkan kontrol terhadap belajar anak, dan memacu inisiatif belajar dari anak, 2) Bagi anak hendaknya tidak selalu menunggu instuksi dari orang tua untuk belajar serta memiliki inisiatif pribadi untuk belajar, 3) Bagi guru hendaknya para guru di sekolah juga membantu menstimulus minat belajar siswa, 4) Bagi peneliti Selanjutnya Hendaknya lebih dapat memahami kehidupan orang tua yang diteliti sehingga dapat mempermudah proses pengumpulan data. Penelitian kali ini sampelnya pada siswa laki-laki. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencoba meneliti pola disiplin orang tua terhadap siswa perempuan.