SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Fahmi Faqih Ardiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardiansyah, Fahmi Faqih. 2011. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan II Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Skripsi. Progam Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd., (II) Dr. Nur Hidayah, M.Pd

 

Kata kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling, Supervisi

 

Praktik Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling (PPL BK) merupakan kegiatan intrakurikuler sebagai bagian dari program pendidikan prajabatan konselor dan wajib diikuti oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling. Sebagaimana program pendidikan pada umumnya, program PPL BK juga perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program. Selama 10 tahun terakhir ini belum pernah dilakukan penelitian evaluasi tentang pelaksaaan PPL BK. Untuk itu perlu dilakukan penelitian evaluasi agar mendapat gambaran yang jelas tentang pelaksanaan PPL BK secara utuh.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dua hal, pertama tingkat keterlaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan II Prodi BK di SMA tahun 2010. Kedua tingkat keterlaksanaan kegiatan supervisi Praktik Pengalaman Lapangan II Prodi BK di SMA tahun 2010.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskripif. Metode desktiptif yang dimaksud dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan II Prodi BK di SMA tahun 2010. Instrumen yang digunakan berupa quesioner yang disebarkan pada tiga responden yaitu mahasiswa, konselor pamong, dan dosen pembimbing.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: tingkat keterlaksanaan program PPL BK pada tahap perencanaan program dapat dikategorikan sangat tinggi(98 %), pada tahap pelaksanaan program dapat dikategorikan tinggi(73%), pada tahap evaluasi program dapat dikategorikan tinggi(72%). Tingkat keterlaksanaan supervisi PPL BK oleh konselor pada tahap membimbing membuat perencanaan program dapat dikategorikan tinggi(97%), pada tahap membimbing pelaksanaan program dapat dikategorikan sangat tinggi (91%), pada tahap menilai pelaksanaan program dapat dikategorikan sangat tinggi(100%). Tingkat keterlaksanaan supervisi PPL BK oleh dosen pembimbing membimbing membuat perencanaan program dapat dikategorikan sangat tinggi (82%), pada tahap memantau pelaksanaan program dapat dikategorikan tinggi (77%), menilai pelaksanaan program dapat dikategorikan sangat tinggi(100%).

Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan beberapa saran, yaitu : (1) bagi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi diharapkan dapat menyesuaikan waktu pelaksanaan PPL II BK di SMA dengan waktu masuk sekolah praktik, sehingga mahasiswa dapat melaksanakan keseluruhan program dengan baik, (2) bagi mahasiswa praktikan diharapkan sedapat mungkin melaksanakan semua kegiatan dalam progran PPL BK, sehingga mahasiswa mempunyai pengalaman yang memadai sebelum masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya, (3) bagi konselor pamong diharapkan tetap menjaga perannya dalam melaksanakan supervisi PPL BK, karena bimbingan dari konselor pamong sangat penting bagi mahasiswa mengingat mahasiswa baru pertama terjun ke lapangan langsung,     (4) bagi dosen pembimbing diharapkan lebih meningkatkan perannya dalam melaksanakan supervisi PPL BK. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan intensitas kunjungan ke sekolah praktik atau bertemu mahasiswa di kampus agar mahasiswa dapat berkonsultasi tentang permasalahan yang dihadapi, (5) bagi Peneliti selanjutnya,  jika berkeinginan untuk meneliti PPL BK maka, disarankan untuk meneliti pada jenjang sekolah menengah pertama atau sekolah menengah kejuruan. disamping itu peneliti juga dapat meneliti PPL BK secara kualitatif agar didapatkan gambaran kualitas pelaksanaan PPL BK secara mendalam dan utuh.