SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Dukungan Sosial yang Diperoleh dari Dosen Pembimbing Utama dengan Stres Akademik dalam Menulis Skripsi pada Mahasiswa Angkatan 2007 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Siti Hajar

Abstrak


ABSTRAK

 

Hajar, Siti. 2011. Hubungan Antara Dukungan Sosial yang Diperoleh dari Dosen Pembimbing Utama dengan Stres Akademik dalam Menulis Skripsi pada Mahasiswa Angkatan 2007 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si. (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: dukungan sosial, stres akademik, skripsi

 

Menyusun skripsi dapat menjadi stresor bagi mahasiswa. Skripsi merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Permasalahan substantif  yang dihadapi peserta didik di dunia pendidikan dikenal dengan istilah stres akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres akademik dalam menulis skripsi adalah dukungan sosial. Dukungan sosial yang paling dekat dengan mahasiswa ketika menyusun skrispsi adalah dari dosen pembimbing skripsi, dukungannya dapat berupa memberikan semangat, evaluasi positif, memeriksa dan memberikan pengarahan setiap hasil kerja, serta memberi informasi yang berkaitan dengan penulisan materi skripsi.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial yang diperoleh dari dosen pembimbing utama, 2) untuk mengetahui bagaimana stres akademik dalam menulis skripsi yang dialami mahasiswa, 3) untuk mengetahui hubungan antara antara dukungan sosial dari dosen pembimbing utama dengan stres akademik dalam menulis skripsi pada mahasiswa. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel  Purposive Sampling. Dukungan sosial dari dosen pembimbing utama diukur dengan skala dukungan sosial, stres akademik dalam menulis skripsi diukur dengan skala stres akademik. Sampel penelitian adalah 107 orang mahasiswa angkatan 2007 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dengan teknik analisis deskriptif dan korelasi Product Moment Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) 15,89% mahasiswa mendapatkan dukungan sosial tinggi dari dosen pembimbing utama, 65,42% mahasiswa mendapatkan dukungan sosial sedang dari dosen pembimbing utama, dan 18,69% mahasiswa mendapatkan dukungan sosial rendah dari dosen pembimbing utama. 2) 21,50% mahasiswa mengalami stres akademik tinggi dalam menulis skripsi, 57,94% mahasiswa mengalami stres akademik sedang dalam menulis skripsi, dan 20,56% mahasiswa mengalami stres akademik rendah dalam menulis skripsi. 3) ada hubungan yang negatif antara dukungan sosial yang diperoleh dari dosen pembimbing utama dengan stres akademik dalam menulis skripsi (r = -0,810; nilai p = 0,000; taraf signifikansi < 0,05).

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi dosen pembimbing dapat meningkatkan segala bentuk dukungan sosial kepada mahasiswa bimbingannya. Bagi mahasiswa hendaknya dapat mencari dukungan sosial dari dosen pembimbing utama. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian yang lebih komperhensif dengan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada subjek, orang terdekat subjek, observasi dan pengembangan aitem instrumen.