SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN KEEFEKTIFAN KOMUNIKASI ANTARA IBU DAN ANAK DALAM KELUARGA BERDASARKAN STATUS PEKERJAAN IBU

Sartika Primastidya

Abstrak


ABSTRAK

 

Primastidya, Sartika. 2011. Perbedaan Persepsi Keefektifan Komunikasi Antara Ibu dan Anak dalam Keluarga Berdasarkan Status Pekerjaan Ibu di Kota Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Alwisol, M.Pd. (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Si.

 

Kata kunci : persepsi, komunikasi, ibu, anak, status pekerjaan ibu.

 

Komunikasi yang efektif penting untuk mencegah terjadinya masalah dalam keluarga dan menjaga keharmonisan keluarga. Masalah dalam keluarga bisa terjadi karena perbedaan persepsi antara ibu dan anak mengenai komunikasi yang terjalin di antara mereka. Selain itu,  penting untuk mengetahui juga pengaruh status pekerjaan ibu terhadap komunikasi yang terjalin antara ibu dan anak. Komunikasi yang efektif penting pada ibu yang bekerja maupun tidak bekerja karena masing-masing memiliki problema komunikasi masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan komunikasi efektif antara ibu dengan anaknya. Selain itu, penelitian ini dilakukan pula untuk mengetahui perbedaan komunikasi efektif ibu dengan anaknya antara ibu yang bekerja dan tidak bekerja.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif komparatif. Penelitian deskriptif bertujuan memilah dan mengelompokkan informasi menjadi lebih bermakna dalam mendeskripsi suatu fenomena. Penelitian komparatif bertujuan menemukan perbedaan tentang objek tertentu atau perubahan pandangan orang terhadap peristiwa atau kejadian tertentu. Subjek penelitian ini adalah ibu dan anak. Setiap ibu yang dijadikan responden maka salah satu anak kandungnya juga akan menjadi responden untuk menjawab instrumen. Teknik pengambilan sampel adalah Snowball Sampling dimana peneliti menemui seseorang dalam suatu daerah yang dapat membantu untuk menemukan subjek penelitian yang lebih banyak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala persepsi ibu mengenai keefektifan komunikasi ibu-anak dalam keluarga dan skala persepsi anak mengenai keefektifan komunikasi ibu-anak dalam keluarga. Skala memiliki persamaan indikator tapi memiliki item yang berbeda. Analisis datanya menggunakan formula analisis varian satu jalur (One Way Anova).

Melalui hasil analisis varian satu jalur diperoleh signifikansi 0.0000.05 yang berarti tidak ada perbedaan antara persepsi komunikasi efektif ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja. Hipotesis ketiga menghasilkan signifikansi 1>0.05 yang berarti tidak ada perbedaan antara persepsi komunikasi efektif anak yang ibunya bekerja dan anak yang ibunya tidak bekerja. Kasih sayang ibu yang begitu besar dan adanya kesadaran akan tanggung jawab untuk membimbing dan mendidik anak membuat ibu tetap dapat menjalankan komunikasi efektif dan anak tetap dapat merasakannya.