SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN DIRI DAN KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA AKHIR PUTRI

Astria Wardani nanda Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Astria Wardani Nanda. Hubungan antara pengendalian diri dan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Akhir Putri, Skripsi Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Fattah Hanurawan M.Si, M.Ed.(II) Anies Syafitri S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: pengendalian diri, kecenderungan perilaku konsumtif, remaja akhir putri.

 

Pengendalian diri merupakan kemampuan berfikir rasional untuk mengendalikan emosi dan mengatur tingkah laku impulsif. Permasalahan yang timbul pada remaja akhir putri terkait dengan peningkatan penampilan dalam memenuhi persiapan masa dewasa, banyaknya sejumlah mall, pusat perbelanjaan maupun expo atau yang lebih dikenal dengan bazar yang menawarkan barang-barang shopping goods mempermudah remaja akhir putri untuk memiliki kecenderungan perilaku konsumtif.. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengendalian diri remaja akhir putri, mengungkap kecenderungan perilaku konsumtif remaja akhir putri, dan mengungkap hubungan pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhir putri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhir putri.

Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskripsi korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 55 remaja akhir putri dengan karakteristik mahasiswa mandiri dan reguler fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, berjenis kelamin perempuan, dan belum bekerja. Instrumen penelitian ini adalah skala pengendalian diri dan skala kecenderungan perilaku konsumtif. Skala pengendalian diri memiliki nilai validitas 0,0373-0,745dengan reliabilitas 0,720. Skala kecenderungan perilaku konsumtif memiliki nilai validitas 0,409-0,719.

Hasil penelitian pada remaja akhir putri menunjukkan 12,73% memiliki tingkat pengedalian diri tinggi, 67,27% memiliki tingkat pengendalian diri sedang, 20% memiliki tingkat pengendalian diri rendah. dan 9,09 memiliki kecenderungan perilaku konsumtif tinggi,  72,73% memiliki kecenderungan perilaku konsumtif sedang, 18,18% memiliki kecenderungan perilaku konsumtif rendah. Ada hubungan negatif antara pengendalian diri dan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja akhir putri (r =-0,403): nilai p=0,002 dengan taraf signifikansi < 0,05).

Saran yang bisa disampaikan untuk penelitian selanjutnya dengan mengembangkan populasi dan jumlah sampel serta mengembangkan alat tes yang mampu mengukur lebih mendalam sehingga dapat tercapai hasil yang optimal dan representatif.