SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Stres Saat Mengikuti Sertifikasi Pada Guru SD Di Kecamatan Bantur

Putri Azizah Kholidatun Nikmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nikmah, Putri Azizah Kholidatun. 2011. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Stres Saat  Mengikuti  Sertifikasi  Pada  Guru  SD  Di  Kecamatan  Bantur. Skripsi,  Program  Studi  Psikologi,  Jurusan Bimbingan Konseling  dan Psikologi,  Fakultas  Ilmu  Pendidikan,  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing:(I)Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si (II)Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Si.

 

Kata kunci : efikasi diri, stres guru sertifikasi

 

Dalam  proses  sertifikasi,  para  peserta  akan mengalami  kejadian-kejadian yang mungkin saja tidak terduga sebelumnya. Kejadian-kejadian tidak terduga ini akan  menghambat  jika  para  peserta  tidak  memiliki  efikasi  diri.  Hal  ini  dapat menimbulkan  stres  bagi  sebagian  guru.  Stres  bagi  guru  dapat  disebabkan  oleh faktor eksternal maupun internal. Salah satu faktor internal stres yang akan diteliti adalah efikasi diri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap stres guru SD saat mengikuti sertifikasi. Subjek penelitian sebanyak 44 guru, diambil dengan  teknik purposive  sampling dari guru SD di Kecamatan Bantur pada tahun 2011. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala efikasi diri  dan  skala  DSI.  Reliabilitas  skala  efikasi  diri  sebesar  0.924.  Data  hasil penelitian di analisis dengan teknik regresi linier sederhana.

Hasil penelitian besarnya pengaruh atau koefisien determinasi efikasi diri terhadap  stres  guru  menjelang  sertifikasi  dengan  menggunakan  model  regresi linier  sederhana  adalah  R2
  =  0,361.  Berarti  bahwa  ada  pengaruh  efikasi  diri terhadap  stres  saat  mengikuti  sertifikasi  pada  guru  SD  di  Kecamatan  Bantur sebesar 36,1%, sedangkan 63,9% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel atau faktor-faktor lain yang mempengaruhi stres.

Disarankan  kepada:  (1)  guru  yang  sedang mengikuti  sertifikasi memiliki efikasi  diri  yang  tinggi,  hal  itu  akan mempengaruhi  tingkat  stres  guru  tersebut. Meningkatkan efikasi diri dengan cara percaya dan yakin pada kemampuan diri, menumbuhkan motivasi  diri,  mencari  dukungan  emosional  dari  orang-orang  di sekitar  (2)  bagi  peneliti  selanjutnya  disarankan  meneliti  variabel-variabel  lain yang diduga mempengaruhi stres, mengingat stres saat mengikuti sertifikasi tidak hanya  dipengaruhi  oleh  efikasi  diri  saja.  Dan mencari  subjek  dari  daerah  lain, dengan subjek yang lebih banyak.