SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH SIKAP TERHADAP TAYANGAN IKLAN DI MEDIA TELEVISI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PITRA NERVIE

Abstrak


ABSTRAK

 

Nervie, Pitra. 2011. Pengaruh Sikap terhadap Tayangan Iklan di Media Televisi dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi di Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M. Si (II) Diyah Sulistyorini, S. Psi., M. Psi.

 

Kata Kunci: sikap terhadap iklan televisi, perilaku konsumtif, mahasiswi

 

Remaja biasanya mudah terbujuk oleh rayuan iklan, suka ikut-ikutan teman, dan cenderung boros dalam menggunakan uang (Tambunan, 2001). Iklan merupakan informasi yang memberikan berita yang up to date kepada konsumen mengenai produk yang bertujuan menjaga tingkat produksi. Iklan ternyata mampu menumbuhkan sikap konsumerisme masyaratkat, sehingga masayarakat mengkonsumsi barang dan jasa secara berlebihan (Widyatama, 2007).

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) sikap mahasiswi di Universitas Negeri Malang terhadap iklan di televisi (2) perilaku konsumtif pada mahasiswi di Universitas Negeri Malang (3) pengaruh sikap terhadap tayangan iklan di televise terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi di Universitas Negeri Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi di Universitas Negeri Malang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling Regresi Linier diperoleh bahwa terdapat pengaruh sikap terhadap tayangan iklan di televise terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan dua instrumen (1) skala sikap terhadap iklan di televisi dengan reliabilitas 0,934 (2) skala perilaku konsumtif dengan reliabilitas 0,893.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) Subjek memiliki sikap positif terhadap iklan di televisi sebanyak 10 orang (12,5% ), memiliki sikap netral 56 orang (70%), dan yang memiliki sikap negatif sebanyak 14 orang (17,5%). (2) Subjek sebagian besar memiliki perilaku konsumtif dalam tingkatan sedang yaitu sebanyak 52 orang (65%), 15 orang (18,75%) dalam tingkat yang tinggi, dan 13 orang (16,25%) termasuk dalam tingkat rendah. (3) Uji regresi dengan menggunakan analisis

Disarankan pada mahasiswi untuk mengurangi atau menghilangkan pola perilaku konsumtif khususnya dalam mengkonsumsi kosmetik. Diharapkan pada pengiklan dapat membuat tayangan iklan yang dapat menimbulkan sikap positif terhadap yang melihatnya, dengan cara menumbuhkan ketertarikan dan kepercayaan akan produk yang diiklankan sehingga konsumen akan mengkonsumsi produk tersebut. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan meneliti variabel-variabel lain agar dapat mendeskripsikan fenomena perilaku konsumtif dengan lebih mendalam dan memperluas populasi penelitian agar hasil penelitian yang diperoleh menjadi lebih variatif dan lebih akurat. Perbaikan instrumen dan teknik analisis juga perlu dilakukan agar hasil yang didapat lebih maksimal.