SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Efikasi Diri Antara Mahasiswa Bekerja dan Mahasiswa Tidak Bekerja Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Universitas Negeri Malang

Annisa Wasilia

Abstrak


ABSTRAK

 

Wasilia, Annisa. 2011. Perbedaan Efikasi Diri antara Mahasiswa Bekerja dan Tidak Bekerja Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Psikologi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, M. Si., (II) Ika Andrini Farida, S. Psi, M. Psi.

 

Kata Kunci: efikasi diri, mahasiswa bekerja.

 

Banyaknya individu yang belum siap menghadapi persaingan dalam mendapatkan pekerjaan sewaktu menjalani proses perkuliahan menunjukkan banyak mahasiswa yang masih memiliki efikasi diri rendah. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui gambaran efikasi diri mahasiswa bekerja dan mahasiswa tidak bekerja, (2) mengetahui gambaran efikasi diri mahasiswa bekerja, (3) mengetahui gambaran efikasi diri mahasiswa tidak bekerja, (4) mengetahui perbedaan gambaran efikasi diri antara mahasiswa bekerja dengan mahasiswa tidak bekerja.

Penelitian dilaksanakan dengan rancangan deskriptif dan komparatif pada 100 responden yaitu 50 mahasiswa bekerja dan 50 mahasiswa tidak bekerja yang diambil dengan teknik purposive- quota sampling di Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Negeri Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala efikasi diri dengan validitas internal ≥ 30 dan diperoleh α  0,955, kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan komparatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari 50 mahasiswa bekerja sebagian besar memiliki efikasi diri tinggi yaitu sebanyak 37 orang (74%) dengan mean 187,46 termasuk kategori tinggi, (2) dari 50 mahasiswa tidak bekerja sebagian besar memiliki efikasi diri sedang yaitu sebanyak 43 orang (86%) dengan mean 157,32 temasuk kategori sedang, (3) ada perbedaan efikasi diri mahasiswa bekerja dan tidak bekerja (t=9,094 dengan sig = 0,000, p ≤0,05).

Berdasar hasil penelitian disarankan (1) mahasiswa meningkatkan pengalaman performansi dengan beraktivitas di luar aktivitas kuliah seperti kegiatan ekstrakurikuler atau bekerja, (2) pihak Universitas Negeri Malang memberi tugas yang dapat mengembangkan dan meningkatkan efikasi diri mahasiswa, memberi penghargaan pada mahasiswa berprestasi dan mengadakan seminar atau workshop tentang dunia kerja, (3) peneliti selanjutnya yang juga akan mengkaji lebih dalam perbedaan efikasi diri mahasiswa dengan melihat faktor-faktor yang melatarbelakanginya, hendaknya memasukkan variabel lain seperti sifat tugas yang dihadapi, adanya insentif eksternal, peran individu dalam lingkungan, atau informasi tentang kemampuan individu sehingga hasil penelitian yang diperoleh menjadi semakin detil dan akurat.