SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Pengambilan Keputusan Pembelian Laptop Ditinjau dari Need Achievement

Sri Wahyuningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuningtyas, Sri. 2011. Perbedaan Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Pengambilan Keputusan Pembelian Laptop Ditinjau dari Need Achievement. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Alwisol, M. Pd, (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: faktor-faktor, pengambilan keputusan pembelian laptop, need achievement.

 

Laptop merupakan salah satu barang penting yang dimiliki mahasiswa. Faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian laptop adalah faktor efisiensi, praktis, ekonomis, pengetahuan, merek, harga, model, warna, keawetan, diskon, kecanggihan, kualitas, harga jual kembali, layanan purna jual (aftersale), prestise, self esteem, motivasi, simbol pergaulan, kelompok acuan, keluarga, tuntutan kebutuhan kuliah, dan status sosial.

Penelitian ini menggunakan metode korelasional (faktorial) dan uji perbedaan untuk mengetahui perbedaan pengambilan keputusan ditinjau dari need achievement. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mempunyai karakteristik (1) yang membeli dan memiliki laptop, (2) berusia antara 19-24 tahun, (3) mahasiswa angkatan 2007-2010. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik insidental sampling. 100 responden diberi kuisioner faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian laptop dan skala need achievement.

Dari hasil penelitian 22 faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian ini dapat direduksi menjadi 6 faktor dengan total muatan varian sebesar 73,326%. Keenam faktor tersebut adalah: (1) faktor sosial yang menyumbang 21,911% varian. (2) faktor kualitas yang menyumbang 14,406% varian. (3) faktor psikologis yang menyumbang 12,835% varian. (4) faktor pengetahuan yang menyumbang 10,753%  varian. (5) faktor manfaat yang menyumbang 8,784% varian. (6) faktor objek yang menyumbang 4,638% varian. Hasil penelitian tentang faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan ditinjau dari need achievement menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara mahasiswa yang mempunyai need achievement tinggi dengan mahasiswa yang mempunyai need achievement rendah. Mean Difference need achievement tinggi vs need achievement rendah = 0,025636, siginifikan pada 0,651  > 0,05 (H0 diterima).

Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada mahasiswa untuk membeli laptop dengan mempertimbangkan kebutuhan kuliahnya. Diharap mahasiswa dengan need achievement tinggi maupun need achievement rendah dapat terbantu dalam mengerjakan tugas kuliahnya dengan memiliki laptop .