SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Penggunaan Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP

Aris Andrianta

Abstrak


ABSTRAK

 

Andrianta, Aris. 2011. Keefektifan Penggunaan Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Elia Flurentin, M.Pd, (2) Dr. Dany M. Handarini, M.A.

 

Kata kunci: klarifikasi nilai, kasus/masalah, kesadaran tanggung jawab  

 

Kesadaran akan tanggung jawab dapat diartikan sebagai suatu kesiagaan seseorang terhadap suatu peristiwa yang ada di sekitarnya mengenai kewajiban atau beban yang harus dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan sendiri maupun sebagai akibat perbuatan pihak lain. Klarifikasi nilai dapat meningkatkan kesadaran tanggung jawab karena dalam penerapannya memiliki beberapa tahap meliputi memilih, menghargai, bertindak, dan refleksi sehingga dapat memperluas wawasan siswa mengenai keanekaragaman nilai-nilai kesadaran tanggung jawab siswa.

Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan penggunaan klarifikasi nilai untuk meningkatkan keasadaran tanggung jawab siswa SMP. Pengunaan klarifikasi nilai melalui pemberian contoh kasus dapat meningkatkan kesadaran tanggung jawab pada diri siswa. Siswa yang memiliki kesadaran bertanggung jawab terhadap dirinya ialah remaja yang telah mulai dapat mengerti tentang perbedaan antara benar dan salah, yang boleh dan dilarang, yang dianjurkan dan dicegah, yang baik dan buruk, dan sadar bahwa dirinya harus menjauhi segala yang bersifat negatif dan mencoba membina diri untuk selalu menggunakan hal-hal yang positif.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu jenis pretest posttest one group design. Subjek penelitian adalah sepuluh orang siswa SMP yang memiliki kriteria kesadaran tanggung jawab rendah dan sangat rendah yang diukur dengan menggunakan inventori kesadaran tanggung siswa SMP. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan inventori kesadaran tanggung jawab siswa SMP yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan. Hasil pengumpulan data akan dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. 

Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian eksperimen ini penggunaan klarifikasi nilai efektif untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa SMP yang dapat dilihat dari kenaikan skor pada postes diakhir pertemuan. 

Saran yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut: (1) saran aplikasi teknik yaitu dalam penggunaan klarifikasi nilai berupa pemberian kasus/masalah hendaknya perlu seyogyanya mempertimbangkan hal-hal seperti: kesiapan konselor, kesiapan siswa, ketersediaan waktu untuk berdiskusi, serta (2) saran pengembangan, untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik dan media yang sama, akan tetapi menggunakan kelompok kontrol dan jenis penelitian time series.