SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Konsep Diri Ditinjau dari Urutan Kelahiran Anak Sulung dan Anak Bungsu

Marcelyna Shitara

Abstrak


ABSTRAK

 

Shitara, Marcelyna. 2011. Perbedaan Konsep Diri Ditinjau dari Urutan Kelahiran Anak Sulung dan Anak Bungsu, Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed (II) Nur Eva, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: konsep diri, urutan kelahiran, anak sulung, anak bungsu

 

Konsep diri adalah pandangan dan sikap seseorang tentang seluruh aspek dalam dirinya sendiri yang meliputi diri fisik, diri pribadi, diri keluarga, diri sosial dan diri moral berdasarkan persepsi, pikiran dan keyakinan individu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konsep diri ditinjau dari urutan kelahiran anak sulung dan anak bungsu.

Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang, menggunakan purposive sampling maka sampel yang digunakan adalah 50 mahasiswa Universitas Negeri Malang pada urutan kelahiran anak sulung dan 50 mahasiswa Universitas Negeri Malang pada urutan kelahiran anak bungsu. Instrumen penelitian menggunakan skala konsep diri dengan 64 item. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif.

Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa skor mean pada mahasiswa Universitas Negeri Malang pada urutan kelahiran anak sulung sebesar 198,46 dengan rincian 31 mahasiswa (62%) memiliki konsep diri positif dan 19 mahasiswa (38%) memiliki konsep diri negatif. Skor mean pada mahasiswa Universitas Negeri Malang pada urutan kelahiran anak bungsu sebesar 183,58 dan dengan rincian 34 mahasiswa (68%) memiliki konsep diri negatif, 16 mahasiswa (32%) memiliki konsep diri negatif. Berdasarkan analisis komparatif diperoleh hasil t-hitung = 4,511 signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan konsep diri ditinjau dari urutan kelahiran anak sulung dan anak bungsu dimana anak sulung memiliki konsep diri positif dan anak bungsu memiliki konsep diri negatif.

Dengan mengetahui perbedaan konsep ditinjau dari urutan kelahiran anak sulung dan anak bungsu maka disarankan bagi orang tua untuk tidak membandingkan kemampuan masing-masing anak dan memberikan porsi perhatian dan ambisi yang sama pada setiap anak. Mahasiswa diharapkan dapat aktif dalam organisasi untuk mengasah interaksi sosialnya, melatih diri belajar dalam persaingan sehat dalam suatu organisasi dan dapat bertukar pendapat secara sportif dan mampu mengembangkan perasaan dihargai dan menghargai orang lain.Bagi peneliti selanjutnya diharapkan tidak hanya melakukan penelitian dengan metode kuantitatif namun juga dengan metode kualitatif agar hasil penelitian yang diperoleh lebih mendalam.