SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Warna makanan Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Memilih Makanan Pada Anak Sekolah Dasar

Ludi Prasetyo Ardy

Abstrak


ABSTRAK

Warna adalah sensasi yang diciptakan sistem visual manusia. yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya. Warna memiliki tiga fungsi sebagai pembangkit rasa keindahan, sebagai alat pengenal dan alat pembeda antara benda satu dengan banda yang lain, sebagai isyarat yang mengirimkan isyarat atau suatu pesan tentang obyek warna. Di kalangan anak-anak, warna menjadi daya tarik paling utama di samping bentuk dan rasa.

Salah satu makanan yang disenangi karena warnanya adalah jelly. Pada anak Sekolah Dasar yang pertama kali diperhatikan saat memilih jelly adalah kenampakan visualnya, terutama warna. Warna-warna tertentu dapat menarik perhatian konsumen untuk memberikan intensi (perhatian) dan  memilihnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa warna makanan mempengaruhi keputusan anak untuk memilih mana makanan yang lebih disenanginya

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ekperimen One Shot Case Study. Warna yang digunakan dalam penelitian ini adalah warna merah, warna orange, warna kuning, warna hijau, warna coklat, warna ungu serta jelly tanpa warna. Subyek penelitian yang dijadikan sampel adalah siswa Sekolah Dasar SDI Alma’Arif 01 Singosari. Pengumpulan data dicatat dalam blanko observasi warna makanan yang diputusakan untuk dipilih. Hasil pencatatan observasi tersebut akan dijadikan data frekuensi pada masing-masing warna. Setelah frekuensi warna jelly yang dipilih, maka selanjutnya dilakukan proses analsis data.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut, warna mempenngaruhi pengambilan keputusan untuk memilih makanan pada anak Sekolah Dasar, Dari hasil yang diperlihatkan pada tabel diatas terdapat nilai Chi-square pada analisis statistik sebesar 22.857 ; 0,000 < 0,05 = signifikan maka hipotesa diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa warna memiliki pengaruh pengambilan keputusan untuk memilih makanan pada anak Sekolah Dasar. Warna merah lebih disenangi untuk dipilih pada anak Sekolah Dasar. Disarankan produsen makanan dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk meningkatkan penjualan produk dengan memperhatikan warna yang digunakan dan tentunya dengan warna yang aman dikonsumsi.

Penelitian dilakukan dengan lingkup terbatas, tidak semua warna makanan yang diteliti melainkan hanya warna merah, kuning, orange ungu coklat dan hijau. Disarankan bagi para peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan warna lainnya. Disarankan juga bagi para peneliti untuk malakukan penelitian serupa dengan pendekatan yang berbeda sehingga dapat dibandingkan hasilnya.