SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Sikap Terhadap Alasan Merokok Pada Remaja Yang Konfom dan Remaja yang Tidak Konform Dio Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang.

Nadia Enfika Larasati

Abstrak


ABSTRAK

 

Larasati, Nadia Enfika. 2011. Perbedaan Sikap Terhadap Alasan Merokok Pada Remaja Yang Konfom dan Remaja yang Tidak Konform Dio Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci : Sikap Terhadap Alasan Merokok, Konformitas

 

Tidak ada yang memungkiri adanya dampak negatif dari perilaku merokok, namun para perokok seakan tetap saja tidak peduli terhadap ancaman yang dapat menyiksanya dan bahkan dapat merenggut nyawanya. Jumlah orang yang merokok semakin lama semakin muda. Banyak hal yang melatar belakangi seseorang berperilaku merokok pada remaja. Menurut para remaja mempunyai alasan yang berbeda dalam merokok, antara lain disebabkan oleh faktor-faktor dalam diri sendiri (internal) dan faktor lingkungan (eksternal). Ini juga yang menyebabkan remaja mempunyai sikap yang berbeda terhadap alasan merokok. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) sikap terhadap alasan merokok pada remaja yang konform di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang, (2) sikap terhadap alasan merokok pada remaja yang tidak konform di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang, (3) sikap terhadap alasan merokok pada remaja yang konform dan remaja yang tidak konform di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang.

Desain yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sikap Terhadap Alasan Merokok diukur dengan skala sikap terhadap perilaku merokok dan konformitas diukur dengan skala perilaku konformitas. Subyek penelitian adalah 82 remaja di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik korelasi Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap Terhadap Alasan Merokok Pada Remaja yang Konform Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang memiliki sikap dalam kategori cukup mendukung, (2) sikap Terhadap Alasan Merokok Pada Remaja yang Tidak Konform Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang meiliki sikap dalam kategori cukup mendukung, dan (3) ada perbedaan sikap terhadap perilaku merokok pada remaja yang konform dan remaja yang tidak konform di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak pondok pesantren agar memberikan penyuluhan dan menyampaikan informasi yang efektif tentang bahaya merokok, dan memberikan pengawasan yang lebih bagi para santri remaja agar dapat mengurangi konsumsi rokok. Orang tua hendaknya juga memberikan pemahaman yang tepat kepada anak-anaknya mengenai bahaya perilaku merokok, memberikan komunikasi yang baik untuk anak dalam pergaulannya agar tidak terjerumus ikut berperilaku merokok jika ada temannya yang merokok, dan memberikan perhatian yang cukup dan melakukan pengawasan yang efektif terhadap anak-anaknya sehingga anak-anak mereka dapat mengendalikan, mengurangi, dan menghentikan perilaku merokok mereka.