SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Remaja Pada Siswa SMPN 5 Malang.

Anindita Woro Nastiti

Abstrak


ABSTRAK

 

Nastiti, Anindita Woro. 2011. Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Remaja Pada Siswa SMPN 5 Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Fattah Hidayat, S.Psi, SE., M.Si, (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Si.

 

Kata Kunci: komunikasi interpersonal, kepercayaan diri remaja

 

Permasalahan kurang percaya diri banyak terjadi ketika individu mengalami masa pubertas, yaitu suatu periode dimana kematangan seksual terjadi secara pesat terutama pada masa awal remaja. Perubahan fisik dan kematangan sosio-emosional yang belum proporsional menyebabkan remaja memiliki kepercayaan diri yang rendah dan membutuhkan adanya dukungan dari orang tua. Dukungan dari orang tua didapatkan remaja melalui komunikasi interpersonal dengan orang tua.  Melalui komunikasi interpersonal dengan orang tua akan mampu membantu remaja dalam menghadapi masalah kepercayaan diri.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan gambaran komunikasi interpersonal siswa SMPN 5 Malang. 2) mendeskripsikan gambaran kepercayaan diri siswa SMPN 5 Malang. 3) mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri remaja pada siswa SMPN 5 Malang.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal, variabel terikatnya adalah kepercayaan diri. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah uji analisis deskriptif dan korelasional. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrument skala komunikasi interpersonal dan skala kepercayaan diri. Skala komunikasi interpersonal memiliki nilai validitas berkisar antara 0,375-0,818 dengan reliabilitas 0,916. Skala kepercayaan diri memiliki nilai validitas berkisar antara 0,364-0,680 dengan reliabilitas 0,918. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan mengambil sampel berdasarkan ciri-ciri spesifik yang dimiliki sampel tersebut. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan 1) gambaran komunikasi interpersonal siswa SMPN 5 Malang berada dalam tingkatan sedang. 2) gambaran kepercayaan diri siswa SMPN 5 Malang berada dalam tingkatan sedang. 3) Ada hubungan antara komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan diri remaja dengan nilai r = 0,636, nilai p = 0,000 < 0,05.

Dari hasil penelitian disarankan agar peneliti selanjutnya mempertimbangkan faktor lain seperti cinta, rasa aman, model peran, hubungan interpersonal, kesehatan, sumber daya, dukungan, hadiah, pola asuh, sekolah, teman sebaya, masyarakat dan pengalaman, selain komunikasi interpersonal dalam hubungannya dengan kepercayaan diri.