SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Inventori Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Kecerdasan Majemuk

Cahya Ranti Wiji Asmara

Abstrak


ABSTRAK

 

Asmara, Cahya Ranti Wiji. 2011. Pengembangan Inventori Gaya Belajar Siswa SMP Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. M. Ramli, M.A.; (2) Dra. Henny Indreswari, M.Pd.

 

Kata kunci: Inventori, Gaya belajar, Kecerdasan majemuk, Siswa SMP

 

Usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan dapat terlaksana dengan maksimal jika didukung kualitas pembelajaran yang baik. Inventori gaya belajar berdasar kecerdasan majemuk merupakan salah satu alat pengumpul data yang mampu mengidentifikasi kecenderungan gaya belajar siswa. Tujuan dari pengembangan yang dilakukan adalah untuk menghasilkan inventori gaya belajar siswa Sekolah Menengah Pertama berdasarkan kecerdasan majemuk yang memenuhi standar inventori di antaranya validitas, reliabilitas dan penormaan yang memadai.

Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (reseach and development) yang telah diadaptasi dari Borg and Gall dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft produk, (4) Uji ahli, (5) revisi hasil uji coba, (6) Uji coba terbatas, (7) Penyempurnaan produk hasil uji terbatas, (8) Uji lapangan dan (9) Penyempurnaan produk.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Tulungagung. Penetapan sampel menggunakan area cluster random sampling yaitu dengan menetapkan sampel siswa berdasarkan sekolah dan kelas yang ditetapkan secara acak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen penilaian inventori gaya belajar siswa SMP berdasar kecerdasan majemuk dan instrumen penilaian keterbacaan inventori gaya belajar berdasar kecerdasan majemuk. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, korelasi product moment, alpha cornbach dan penormaan ideal

Hasil penelitian inventori gaya belajar siswa SMP berdasarkan kecerdasan majemuk yang telah dikembangkan ini sudah memenuhi syarat alat ukur, antara lain validitas, reliabilitas dan penormaan.

Berdasarkan hasil penelitian konselor, hendaknya memanfaatkan hasil pengembangan inventori gaya belajar siswa Sekolah Menengah Pertama berdasar kecerdasan majemuk sebagai salah satu alat pengumpul data non testing, sehingga konselor dapat memperoleh data gaya belajar siswa dengan lebih tepat bagi pelayanan bimbingan belajar untuk siswa.