SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

engaruh Game Edukatif Terhadap Kemampuan Matematika Anak di TK Mutiara Singosari

Rani Purwaningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwaningtyas, Rani. 2011. Pengaruh Game Edukatif Terhadap Kemampuan Matematika Anak di TK Mutiara Singosari. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M. Si, (II) Fattah Hidayat , SE, S.Psi, M.Psi

 

Kata kunci : kemampuan matematika, angka, bilangan, game edukatif,  taman kanak-kanak

 

Matematika telah diberikan kepada siswa taman kanak-kanak sebagai salah satu mata pelajaran . Materi yang umumnya diajarkan adalah mengenai pengenalan angka dan konsep bilangan sederhana. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan matematika anak dengan menggunakan game edukasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukatif terhadap kemampuan matematika anak usia masa kanak-kanak awal di TK Mutiara Singosari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest-post test design. Penelitian dilaksanakan di TK Mutiara Singosari Kabupaten Malang, dengan menggunakan 30 siswa sebagai subyek penelitian. Subyek penelitian dibagi ke dalam dua kelompok secara random, 15 subyek sebagai kelompok eksperimen dan 15 subyek sebagai kelompok kontrol.

Penelitian dilakukan pada tanggal 4 Oktober 2010 sampai 3 November 2011. Data dikumpulkan melalui tes prestasi yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (pretest dan post-test) dan observasi. Analisis data menggunakan analisis perbedaan melalui uji beda (uji t) dan analisis dekkriptif. Hasil uji beda (t) adalah 5,380 dan nilai signifikansinya 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 maka menunjukkan ada perbedaan kemampuan matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Menurut hasil analisis deskriptif dapat diketahui nilai rata-rata kelompok eksperimen 26,8 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 22,6, sehingga menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki kemampuan matematika yang lebih baik dibanding kelompok kontrol. Dari kedua hasil analisis dapat dibuktikan bahwa game edukatif berpengaruh pada kemampuan matematika siswa TK Mutiara Singosari.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada subjek agar lebih memperhatikan ketika guru mengajar, kepada guru agar memberikan variasi dalam metode pembelajaran sehingga meningkatkan minat dan motivasi siswa seperti game edukatif, kepada peneliti selanjutnya agar memperhatikan aspek-aspek psikologis siswa yang lain seperti inteligensi dan bakat siswa untuk memperkecil penyimpangan hasil dan hendaknya lebih selektif dalam menentukan subjek dan mengkomunikasikan dengan baik pada pihak sekolah sehingga treatmen terlaksana dengan baik dan memperkecil penyimpangan  hasil serta dapat digeneralisasikan bagi seluruh siswa taman kanak-kanak.