SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LAYANAN INFORMASI SEKOLAH LANJUTAN MELALUI MEDIA BLOG DI SMP NEGERI 4 MALANG

ERIK IBNU HIDAYAT

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat, Erik Ibnu. 2011. Pengembangan Layanan Informasi Sekolah Lanjutan Melalui Media Blog Di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd., (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata Kunci: Blog, Layanan Informasi, Siswa SMP, Sekolah Lanjutan

 

Sekolah lanjutan merupakan pendidikan yang ditempuh setelah lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya. Siswa SMP setelah lulus akan melanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Atas sebutan untuk tahap kedua dalam sekolah lanjutan setelah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Indonesia. Bimbingan dan konseling sebagai salah satu usaha bantuan siswa SMP, berkewajiban untuk menyiapkan siswa mengetahui dan memilih sekolah lanjutan setelah lulus SMP. Layanan informasi adalah salah satu usaha bimbingan dan konseling untuk memberikan informasi kepada siswa dalam menentukan pilihan sekolah lanjutannya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan layanan informasi sekolah lanjutan menggunakan media blog di SMP Negeri 4 Malang.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Rancangan pengembangan media dasar diadaptasi dari strategi pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall (1983). yaitu 1) melakukan penelitian kebutuhan (need assesment), 2) analisis data dan penetapan prioritas kebutuhan, 3) merumuskan tujuan, 4) menyusun isi materi, 5) penilaian produk oleh ahli, 6) revisi produk dari hasil uji ahli, 7) hasil revisi produk, 8) diskusi calon pengguna produk, 9) revisi produk calon pengguna, 10) produk akhir.

Dari hasil analisis data expert judgement, rata-rata penilaian para validator menunjukkan nilai 4,1.  Hal ini berarti para validator memberikan justifikasi sesuai untuk beberapa aspek yang menjadi perhatian untuk menilai blog ini antara lain penggunaan bahasa, pemilihan materi, penggunaan teks, pemilihan objek gambar, penggunaan font, dan kuis.  Dari data uji kelompok kecil, disimpulkan dari sepuluh kriteria, lima kriteria yaitu kejelasan gambar, kemenarikan secara keseluruhan, kemudahan pengoperasian, efektivitas informasi dan perolehan informasi baru. Dari hasil penilaian tersebut, semua kriteria memenuhi syarat untuk digunakan dan tidak diperlukan adanya revisi.

Dari data pretest dan posttest subyek coba dilakukan penghitungan dengan SPSS untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan signifikan antara pemahaman siswa saat pretest dan saat posttest (setelah treatment). Dari analisis uji t atau t-Test, dapat disimpulkan bahwa dari 34 subjek coba kelompok kecil semuanya mengalami kenaikan skor pengetahuan pemilihan sekolah lanjutan. Terlihat bahwa pada kolom Sig (2-tailed) menunjukkan skor 0.00, karena skor tabel lebih kecil daripada skor kritis (0.00