SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PADA SISWA SMK N 1 PROBOLINGGO

KRISTIANA DEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Kristiana. 2011. Pengembangan Paket Bimbingan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi pada Siswa SMK Negeri 1 Probolinggo. Skripsi, Program Studi Bimbimgan & konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Henny Indreswari, M.Pd. (II) Drs. Djoko Budi Santoso.

 

Kata kunci: paket bimbingan, keterampilan komunikasi antarpribadi, siswa SMK

 

Masa remaja merupakan masa peralihan di mana individu mengalami perubahan fisik dan psikologis dari anak-anak menuju dewasa. Siswa SMK  ditinjau dari perkembangannya berada pada masa remaja pertengahan yaitu usia 15-18 tahun. Pada masa remaja  individu memiliki tugas perkembangan yang salah satunya berhubungan dengan penyesuaian sosial. Penyesuaian sosial dapat terjadi jika remaja melakukan interaksi dengan orang lain. Untuk dapat berinteraksi dengan orang lain siswa harus memiliki keterampilan komunikasi antar pribadi.

 Kurangnya penguasaan keterampilan komunikasi antarpribadi mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam penyesuaian sosial. Penyesuaian sosial merupakan salah satu tugas perkembangan yang harus dicapai. Jika tidak segera diatasi, akan berpengaruh pada optimalisasi perkembangannya. Oleh sebab itu, konselor perlu membantu siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa.

Tujuan penelitian pengembangan untuk menghasilkan Paket Bimbingan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi yang berguna, layak, tepat, dan menarik bagi siswa SMK Negeri 1 Probolinggo.

Penelitian pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah pengembangan dari Borg dan Gall (1983) terdiri atas tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba. Subyek uji coba ahli bimbingan, ahli bahasa dan calon pengguna produk. Data dikumpulkan melalui format penilaian uji ahli dan uji calon pengguna produk berupa skala penilaian. Analisis idata dengan menggunakan analisis data kuantitatif dengan analisis persentase dan data kualitatif dengan analisis deskriptif.

Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah Paket Bimbingan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi Bagi Siswa SMK Negeri 1 Probolinggo yang  terdiri atas: (1) Paket Bimbingan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi, panduan untuk konselor; dan (2) materi bimbingan keterampilan komunikasi antarpribadi untuk siswa, yang terbagi ke dalam dua penggalan. Penggalan satu berisi pengertian komunikasi antarpribadi, tujuan komunikasi antarpribadi dan komunikasi antarpribadi yang efektif, sedangkan penggalan dua terdiri atas lima topik materi yaitu: keterampilan membuka diri, membangun kepercayaan diri, mengekspresikan perasaan secara verbal dan nonverbal, memahami diri dan orang lain, menyelesaikan konflik.

Berdasarkan penilaian ahli Bimbingan Konseling, Paket Bimbingan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi bagi Siswa SMK Negeri 1 Probolinggo, dilihat dari sisi kegunaan sangat berguna untuk siswa dan konselor dalam memberikan layanan informasi; sedangkan dari aspek ketepatan, paket ini tepat diberikan kepada siswa; dari aspek kemudahan, paket ini sangat mudah untuk digunakan oleh siswa dan konselor dalam memberikan bimbingan; Adapun dari aspek kemenarikan, paket ini sangat menarik bagi siswa.

Menurut ahli Bahasa, Paket Bimbingan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi bagi Siswa SMK Negrei 1 Probolinggo dilihat dari sisi tata bahasa bahwa bahasa yang digunakan mudah diserap oleh konselor dan siswa; dari aspek ketepatan bahasa,bahwa bahasa yang digunakan dalam paket tepat diberikan kepada siswa; sedangkan aspek kemudahan, bahwa bahasa yang digunakan pada paket ini sangat mudah untuk digunakan dan dipahami oleh siswa dan konselor dalam memberikan bimbingan keterampilan komunikasi antarpribadi; adapun aspek kemenarikan, paket ini sangat menarik.

Hasil uji calon pengguna (konselor); dilihat dari aspek kegunaan, paket ini sangat berguna, untuk aspek kemudahan, paket ini mudah digunakan;  sedangkan pada aspek ketepatan, paket ini sangat tepat dan aspek kemenarikan paket ini sangat menarik. Berdasarkan uji kelompok kecil (siswa), Paket Bimbingan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi bagi Siswa SMK Negeri 1 Probolinggo menarik dan penjelasannya cukup jelas.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang diberikan adalah: (1) konselor diharapkan menggunakan media dalam memberikan materi salah satunya menggunakan paket bimbingan keterampilan komunikasi antarpribadi untuk mengetahui kemampuan siswa, (2) konselor harus kreatif dalam mengatur waktu karena mengingat minimnya jam tatap muka, (3) bagi peneliti selanjutnya, dapat melakukan uji efektivitas paket bimbingan keterampilan komunikasi antarpribadi untuk mengetahui keefektivan dan kelayakan penerapan paket bimbingan keterampilan komunikasi dengan menggunakan ekperimen semu, dikarenakan eksperimen yang dilakukan tidak secara keseluruhan yaitu hasil akhir, eksperimen semu ini hanya sampai pada tahap uji kelompok kecil, dan (4) paket bimbingan keterampilan komunikasi antarpribadi ini dikembangkan dengan melakukan penelitian di SMK Negeri 1 Probolinggo, sehingga apabila dilakukan untuk SMK lain, maka perlu dilakukan penyesuaian-penyesuaian dengan menganalisis kembali kebutuhan siswa terhadap paket bimbingan keterampilan komunikasi antarpribadi.