SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INVENTORI EFIKASI DIRI BAGI SISWA SMA DI SMA NEGERI 1 PURWOHARJO

INDAH SRIWARINI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sriwarini, Indah. 2011. Pengembangan Inventori Efikasi Diri bagi Siswa SMA di SMA Negeri I Purwoharjo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dra. Henny Indreswari, M.Pd, (2) Drs. Moh. Bisri, M.Si.

 

Kata kunci: efikasi diri, inventori, pengembangan

 

Efikasi diri yaitu keyakinan individu memperkirakan kemampuan dirinya sendiri untuk menyelesaikan suatu tugas atau kegiatan yang memiliki tujuan tertentu. Efikasi diri mempengaruhi bagaimana individu berpikir, memotivasi diri, serta mempersepsikan dirinya. Inventori efikasi diri dikembangkan berdasarkan teori Bandura (1994), yang mengemukakan bahwa efikasi diri terdiri atas empat domain yaitu cognitive processes (proses kognitif), motivational processes (proses motivasi), selection processes (proses seleksi), dan affective processes (proses afektif). Inventori ini tidak mengandung jawaban benar atau salah melainkan jawaban yang sesuai dengan karakteristik individu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inventori efikasi diri yang memiliki validitas, reliabilitas, serta norma yang memadai, sehingga dapat digunakan konselor untuk membantu siswa dalam mengidentifikasi/mengetahui tingkat efikasi diri yang siswa miliki.

Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah pengembang-an yang diadaptasi dari model Borg and Gall yang terdiri atas tahap pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, pelaksanaan uji permulaan, revisi hasil uji permulaan, pelaksanaan uji lapangan utama, dan revisi hasil uji lapangan utama. Penelitian ini akan menghasilkan produk berupa inventori efikasi diri untuk siswa dan buku manual untuk konselor. Subjek coba adalah dua orang ahli materi bimbingan dan konseling serta siswa SMA kelas X di SMA Negeri I Purwoharjo berjumlah 320 siswa, subjek pengembangan sebanyak 80 siswa (25% dari populasi) diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data untuk menilai kesesuaian penjabaran teori dengan butir-butir pernyataan dalam inventori dikumpulkan melalui format uji ahli; sedangkan untuk menilai validitas, reliabilitas, serta menentukan norma dikumpulkan melalui uji coba terbatas dan uji lapangan utama yang berupa inventori.

Hasil uji ahli menunjukkan bahwa kesesuaian antara deskriptor dengan indikator mempunyai skor 74, sedangkan kesesuaian antara item pernyataan dengan deskriptor mempunyai skor 182. Inventori efikasi diri diuji tingkat konsistensi internalnya dengan rumus Product Moment Pearson. Inventori ini juga diuji tingkat reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa: (a) Inventori efikasi diri memiliki tingkat validitas serta memiliki tingkat konsistensi internal yang tinggi; (b) Inventori efikasi diri memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi; (c) Inventori efikasi diri memiliki ketepatan norma yang diwujudkan dalam bentuk norma persentil. Analisis data hasil pengembangan inventori efikasi diri menggunakan program SPSS versi 12.

Berdasarkan hasil pengembangan, konselor dapat mempergunakan inventori efikasi diri untuk mengidentifikasi data pribadi siswa dengan catatan subjeknya mempunyai kesamaan karakteristik dengan subjek pengembangan yang telah dipakai, serta tingkat validitas dan reliabilitasnya harus diuji kembali sebelum dipergunakan. Bagi pengembang selanjutnya, hendaknya menindak-lanjuti hasil pengembangan dengan terus melakukan pengembangan baik dalam konstruk teoritis, penulisan item-item pernyataan, isi item pernyataan, subjek pengembangan yang digunakan, dan teknik analisisnya, sehingga dapat lebih menyempurnakan produk inventori yang sudah ada.