SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan paket pelatihan untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar siswa SMA Negeri 9 Malang

IPONG TEGAR PRIBADI

Abstrak


ABSTRAK

 

Pribadi, Ipong Tegar. 2011. Pengembangan Paket Pelatihan untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing:   (I) Drs.Lutfi Fauzan, M.Pd., (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata Kunci : Paket Pelatihan, Efikasi Diri, Belajar, need assessment, Pengembangan.

 

Berdasarkan fakta pengamatan peneliti yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Malang, ditemukan bahwa banyak siswa yang mengaku bahwa dirinya merasa ragu bisa sukses dalam pelajaran yang disampaikan guru dengan baik. Kecemasan yang dialami siswa disebabkan oleh berbagai macam sebab, salah satunya adalah karena rendahnya tingkat efikasi diri siswa.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menyusun paket pelatihan efikasi diri yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan efikasi dirinya sehingga siswa dapat memiliki keyakinan dalam belajar. Paket pelatihan ini terdiri dari empat penggalan materi antara lain keyakinan diri dalam mengikuti materi pelajaran, keyakinan diri dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah, keyakinan untuk memperoleh nilai tertinggi dalam kelas, dan peningkatan kemampuan siswa untuk memotivasi diri.

Setelah paket tersusun, maka pengembang melakukan tahap uji ahli kepada Ahli BK untuk menilai materi yang ada dalam peket pelatihan efikasi diri dan ahli bahasa untuk menilai keterbacaan paket pelatihan efikasi diri. Selanjutnya melalui proses uji ahli, maka pengembang mengujikan paket  pelatihan efikasi diri kepada calon pengguna produk, yaitu kepada empat orang konselor SMA Negeri 9 Malang untuk menilai ketepatan, kegunaan, kemenarikan, dan kelayakan paket efikasi diri untuk dilaksanakan di dalam kelas.

Hasil penelitian ini apabila dilakukan penilaian berdasarkan kriteria skala efikasi menunjukkan bahwa paket pelatihan efikasi diri yang telah dikembangkan berguna, tepat, menarik, dan layak apabila dilatihkan kepada siswa setelah melalui beberapa tahap uji dan tahap revisi produk. Pengembang juga meminta kepada siswa untuk memberikan saran perbaikan terhadap pelaksanaan pelatihan di akhir kegiatan. Menurut siswa materi yang disampaikan jelas, menarik, dan cukup membantu siswa dalam menumbuhkan kepercayaan diri mengikuti pelajaran.

Berdasarkan hasil pengembangan paket pelatihan efikasi diri ini, maka disarankan untuk konselor dalam memberikan materi efikasi diri hendaknya menggunakan paket pelatihan efikasi diri. Disarankan peneliti berikutnya untuk menguji keefektifan paket penelitian diri ini dengan menggunakan eksperimen semu berupa pengujian kelompok kecil.