SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEMANJURAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA AKSELERASI DI SMA

YUANITA DWI KRISPHIANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Krisphianti, Yuanita Dwi. 2011. Kemanjuran Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Akselerasi di SMA. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd. Pembimbing (II) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci: psikodrama, keterampilan sosial

 

Keterampilan sosial merupakan kemampuan individu untuk menyesuaikan diri agar bisa diterima dengan baik ditengah-tengah lingkungan dia berada yang nantinya akan mempermudah individu untuk mengapresiasikan diri dan kemampuan yang dimiliki. Keterampilan sosial juga merupakan keterampilan yang dimiliki individu yang ditunjukkan dengan ekspresi emosi, kepekaan emosi, kontrol emosi, ekspresi sosial, kepekaan sosial,  dan kontrol sosial.

Psikodrama digunakan untuk mengeksploitasi diri melalui tindakan nyata dimana kita hidup, baik internal maupun eksternal. Hal ini memungkinkan untuk mengekspresikan perasaan aman yang kuat, perspektif yang lebih luas pada masalah-masalah individu, sosial, dan juga kesempatan untuk mencoba perilaku yang diinginkan.

Penulisan ini bertujuan untuk menguji kemanjuran permainan peran teknik psikodrama melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa akselerasi di SMA.

Rancangan penulisan yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan pre-post test single design. Kelompok eksperimen adalah siswa akselerasi yang memiliki kriteria keterampilan sosial rendah melalui inventori keterampilan sosial. Permainan peran psikodrama dilakukan sebanyak enam kali pertemuan dengan tema yang berbeda-beda. Data penulisan dianalisis dengan teknik analisis Wilcoxon dan Sign.

Hasil penulisan menunjukkan bahwa permainan peran psikodrama manjur untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa akselerasi di SMA yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test yang telah diberikan.

Berdasarkan hasil penulisan diajukan beberapa saran: kepada guru BK sekolah tempat penelitian diharapkan memperhatikan dan membantu untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa akselerasi dalam hal keterampilan ekspresi emosi, kepekaan emosi, kontrol emosi, ekspresi sosial, kepekaan sosial, dan kontrol sosial untuk mencapai perkembangan optimal. Psikodrama bisa digunakan oleh guru BK sebagai perangkat untuk membantu siswa akselerasi meningkatkan keterampilan sosial tapi dengan catatan waktu yang digunakan harus diperhatikan karena psikodrama membutuhkan waktu yang lebih dari satu jam pelajaran, yakni selama 60 menit. Bagi peneliti selanjutnya dapat mencoba penggunaan teknik psikodrama ini sebagai perangkat untuk membantu remaja/siswa menyelesaikan kurangnya keterampilan sosial yang rendah, dengan variabel terikat dan subyek dalam skala yang lebih luas untuk lebih mengetahui kemanjuran teknik psikodrama.