SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Kepala Sekolah, Guru Bidang Studi, dan Siswa Terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri Kecamatan Lowokwaru Malang

ARIES KURNIAWAN

Abstrak


                                                     ABSTRAK

 

Kurniawan, Aries. 2011. Persepsi Kepala Sekolah, Guru Bidang Studi, dan Siswa Terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri Kecamatan Lowokwaru Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, (II) Dr. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata Kunci: persepsi, kepala sekolah, guru bidang studi, siswa, bimbingan dan konseling

 

Bimbingan dan konseling mempunyai peranan yang  penting dalam membantu setiap pribadi siswa agar berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya. Kerjasama dari kepala sekolah, guru dan siswa sangat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Persepsi yang salah terhadap bimbingan konseling dapat mempengaruhi kerjasama. Kesalahpahaman di sekolah antara lain bahwa bimbingan konseling dianggap sebagai polisi sekolah, BK hanya menangani siswa-siswa yang bermasalah, seperti siswa yang sering tidak masuk sekolah, siswa yang melanggar tata tertib di sekolah. Padahal, tujuan bimbingan konseling di sekolah tidak terbatas bagi siswa yang bermasalah, tetapi siswa yang berprestasi juga perlu mendapatkan bantuan agar dirinya lebih berkembang. Oleh karena itu persepsi yang baik mengenai pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah sangat diharapkan terutama dari kepala sekolah, guru, dan siswa sehingga pelaksanaan bimbingan konseling dapat optimal dan mencapai tujuan.

Penelitian ini bertujuann untuk (1) mendeskripsikan persepsi kepala sekolah terhadap pelaksanaan BK di SMP Negeri Kec. Lowokwaru Malang, (2) mendeskripsikan persepsi guru bidang studi terhadap pelaksanaan BK di SMP Negeri Kec. Lowokwaru Malang, (3) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pelaksanaan BK di SMP Negeri Kec. Lowokwaru Malang.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru bidang studi dan siswa kelas VIII di SMPN 11 Malang, SMPN 13 Malang dan SMPN 18 Malang. Teknik pengambilan sampel kepala sekolah menggunakan teknik sampel total, sedangkan sampel guru dan siswa menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan analisis yang digunakan adalah analisis persentase.

Hasil penelitian mengenai persepsi kepala sekolah, guru bidang studi dan siswa terhadap pelaksanaan BK di SMP Negeri Kec. Lowokwaru Malang, menunjukkan bahwa secara umum kepala sekolah yang memiliki persepsi yang sangat baik terhadap pelaksanaa BK. Sebagian besar guru bidang studi juga mempersepsi sangat baik pelaksanaan BK. Sedangkan sebagian besar siswa mempersepsi cukup baik pelaksanaan BK di SMP Negeri Kec. Lowokwaru Malang. Sedangkan secara khusus terdapat kepala sekolah, guru bidang studi dan siswa mempersepsi kurang baik pada pelaksanaan perencanaan individual.

Berdasarkan hasil penelitian ditujukan beberapa saran: (1) Konselor hendaknya lebih menguasai keterampilan penggunaan alat-alat pengumpul data guna mengungkap potensi maupun kelemahan yang ada pada diri siswa sehingga siswa mampu memilih dan mengambil keputusan yang tepat dalam mengembangkan potensinya. Konselor diharapkan pula meningkatkan kolaborasi dengan kepala sekolah dan guru bidang studi, agar pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah terselenggara sesuai dengan harapan; (2) kepala sekolah diharapkan dapat melengkapi sarana dan prasarana untuk kelancaran pelaksanaan BK; (3) Hendaknya peneliti selanjutnya menggunakan jenis angket yang berbeda pada subyek penelitian yang berbeda dalam pengumpulan data. Peneliti selanjutnya diharapkan pula untuk menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih komprehensif.