SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri

SURYO BRAMANTYOSO

Abstrak


ABSTRAK

 

Brahmantyoso, Suryo. 2011. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri. Skripsi,  Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Ramli, M. A, (II) Drs. Harmiyanto.

 

Kata kunci : status sosial ekonomi, motivasi belajar, prestasi belajar

 

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor tersebut antara lain status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras, b) gambaran motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras, c) gambaran prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras, dan d) hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengambilan data menggunakan angket dan studi dokumenter. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: a) sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras berasal dari orang tua dengan status sosial ekonomi yang tergolong sedang, b) sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras memiliki motivasi belajar yang tergolong sedang, c) pada umumnya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras memiliki prestasi belajar yang tergolong baik, dan d) ada hubungan positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras dengan sumbangan efektif 25,4%.

Saran dalam penelitian ini adalah a) orang tua hendaknya memberikan perhatian, kasih sayang, motivasi belajar, dan membuat perencanaan pendidikan bagi anaknya agar memperoleh prestasi belajar yang tinggi, b) konselor diharapkan dapat memasukkan materi tentang motivasi belajar ke dalam program dan layanan-layanan bimbingan dan konseling, c) guru mata pelajaran hendaknya dapat memberikan motivasi belajar yang tepat sesuai dengan perilaku belajar siswa di kelas pada saat proses belajar mengajar, d) kepala sekolah hendaknya aktif dalam menemukan inovasi dalam dunia pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan jalan mengusahakan fasilitas-fasilitas pembelajaran yang dapat menjadikan siswa merasa betah di sekolah serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa selama di sekolah, dan e) peneliti selanjutnya dapat mengidentifikasi variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, sehingga diperoleh hasil yang komprehensif.