SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN BIBLIOKONSELING DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN AKAN KEPEDULIAN BAGI SISWA SMP

Asri Octaviana Dwi Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Asri Octaviana Dwi. 2011. Keefektifan Bibliokonseling dalam Menumbuhkan  Kesadaran  akan  Kepedulian  bagi  Siswa  SMP.  Skripsi, Jurusan  Bimbingan  Konseling  dan  Psikologi  Prodi  BK  FIP  Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M.A, (II) Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata kunci: keefektifan, bibliokonseling, kesadaran akan kepedulian

 

Tugas  konselor  selain  memperhatikan  perkembangan  kemampuan akademis  siswa  juga  harus  mengembangkan  sosio-emosional  siswa  yang terangkum  dalam  pendidikan  karakter.  Salah  satu  karakter  yang  harus dikembangkan dalam diri siswa adalah peduli. Cara agar siswa berperilaku peduli adalah  dengan menumbuhkan  kesadarannya.  Salah  satu  teknik  bimbingan  yang dapat dilakukan  sebagai  upaya untuk meningkatkan kesadaran  akan kepedulian bagi  siswa  SMP  yaitu  melalui  "Teknik  Bibliokonseling".  Berdasarkan  hasil observasi  yang  dilakukan  pada  siswa  SMP,  diketahui  bahwa  siswa-siswa memiliki  kesadaran  akan  kepedulian  rendah/sedang  dengan  ditunjukkan banyaknya  fenomena  yang  terjadi  seperti  bolos  sekolah,  penindasan  terhadap junior, tidak memperhatikan guru, dan masih banyak yang lainnya. Penelitian ini bertujuan  untuk  melihat  keefektifan  "bibliokonseling"  dalam  menumbuhkan kesadaran akan kepedulian bagi siswa SMP.

Jenis penelitian  yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah  eksperimen semu,  dengan    one  group  pretest  posttest  design,  dimana  alat  ukur  yang digunakan  sebelum  dan  setelah  perlakuan  adalah  sama.  Penelitian    jenis  ini bertujuan untuk memperbaiki kesadaran akan kepedulian siswa dan melihat ada tidaknya perbedaan sebelum dan setelah pemberian perlakuan. Subjek penelitian ini  adalah  siswa  SMP  yang  memiliki  kesadaran  akan  kepedulian  rendah  dan sedang  yaitu  sebanyak  12  orang  siswa.  Instrumen  penelitian  berupa  skala kesadaran  akan  kepedulian  yang  dilengkapi  dengan  validitas  dan  reliabilitas instrument,  dengan  hasil  validitas  1  item  tidak  valid  dan  memiliki  reliabilitas skala  yang  tinggi.  Bibliokonseling  ini  menggunakan  media  cerpen  dalam treatmentnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon. 

Hasil  perhitungan  data  penelitian  menggunakan  uji  wilcoxon  dan  dapat disimpulkan bahwa bibliokonseling efektif dalam menumbuhkan kesadaran akan kepedulian  bagi  siswa  SMP  dilihat  dari  Zhitung  ˃  Ztabel  atau  -  Zhitung  <  -  Ztabel sebesar - 3.064 < - 1.96. Kesimpulan penelitian ini adalah bibliokonseling efektif dalam menumbuhkan kesadaran akan kepedulian bagi  siswa SMP.

Berdasarkan hasil  penelitian  ini,  disarankan  bagi  konselor  untuk  menggunakan  media  ini dalam kegiatan bimbingan untuk menjalankan pendidikan karakter salah satunya menumbuhkan kesadaran akan kepedulian. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya lebih  memperbanyak  jenis  media  yang  diberikan  sebagai  treatment  agar peningkatan kesadaran akan kepedulian siswa lebih optimal.