SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Hydrotherapy Untuk Mengurangi Tingkat Stres, (Effectivenes Hydrotherapy To Reduce Stress Levels)

Fajar Binatoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Binatoro, Fajar. 2011.  Efektivitas Hydrotherapy Untuk Mengurangi Tingkat Stres, (Effectivenes Hydrotherapy To Reduce Stress Levels). Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si  (II) Ninik Setiyowati S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : Stres, Hydrotherapy

 

Stres merupakan hal yang melekat pada kehidupan, siapa saja kemungkinan pernah mengalaminya dalam bentuk tertentu, dalam tingkat berat dan ringan yang berbeda dan dalam jangka panjang atau pendek yang tidak sama, (Hardjana 1993). Stres yang dialami oleh seseorang akan merubah cara kerja sistem kekebalan tubuh, para peneliti ini juga menyimpulkan bahwa stres akan menurunkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit dengan cara menurunkan jumlah  fighting desease cells, (Baker, 1987). Stres dapat dicegah dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan terapi air atau Hydrotherapy  untuk mengurangi tingkat stres, (Abdul Muthalib 2010). 

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah  The One-Group Pretest-Posstest Only Desaign. Dimana alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres DSI (Daily Stress Inventory). Subyek diukur tingkat stres dengan menggunakan skala stres (DSI) yang dikerjakan atau di isi sesuai dengan tingkat stres yang dialaminya selama 7 hari berturut-turut (pretest), mulai tanggal 9 Maret sampai dengan tanggal 15 Maret, kemudian subyek diberi treatment yang dilaksanakan selama 7 hari berturut-turut dengan waktu kurang lebih 1 jam, mulai tanggal 17 Maret sampai tanggal 23 Maret, dan setelah itu diukur kembali dengan menggunakan skala stres (DSI) selama 7 hari (posttest), mulai tanggal 24 Maret sampai tanggal 30 Maret.  Subyek penelitian ini adalah  orang dewasa akhir dengan usia antara 39-45 tahun dengan subyek sebanyak 5 orang yang dipilih berdasarkan skor tertinggi dengan perhitungan menggunakan standar deviasi. 

Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan stres yang signifikan pada skor pretest dan posttest yang diberi  treatment Hydrotherapy (diperoleh  Asymp.Sig sebesar 0.043 dimana 0,043 < 0,05 = signifikan). 

Disarankan untuk peneliti selanjutnya yang berminat mengkaji permasalahan ini untuk menggunakan teori dengan metode berbeda, seperti menggunakan eksperimen murni. Sebenarnya masih banyak aspek yang bisa diukur, diungkap dan dijadikan studi untuk penelitian dalam lingkup yang sama.