SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Bimbingan Alternatif Rencana Karier Untuk Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan

KHARISMASARI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Kharismasari, 2011. Pengembangan Paket Bimbingan Alternatif Rencana Karier untuk Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Elia Flurentin, M. Pd. (2) Drs. Harmiyanto.

 

Kata Kunci: Pengembangan paket, rencana karier, SMK

 

Sekolah Menengah Kejuruan mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja, serta mengembangkan sikap profesional sehingga mampu mamilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri sebagai tenaga kerja tingkat menengah. Selain itu, penyiapan siswa tersebut digunakan  untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini ataupun masa yang akan datang serta menyiapkan lulusan agar menjadi warga negara yang tanggap dan mampu menyesuaikan diri, kreatif, inovatif dan produktif. Bagi lulusan SMK memasuki dunia kerja bukan satu-satunya pilihan.

Ada beberapa alternatif yang dapat mereka ambil, misalnya kuliah, ataupun memasuki kursus keterampilan dan terkadang  bingung untuk menentukan pilihannya. Informasi mengenai beberapa alternatif rencana karier sangat dibutuhkan oleh lulusan SMK. Berdasarkan need assesment yang dilakukan pada 35 orang siswa menunjukkan bahwa sekitar 83,49 % siswa sangat membutuhkan paket bimbingan Alternatif Rencana Karier untuk Siswa Kelas XII SMK.

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah paket bimbingan Alternatif Rencana Karier untuk Siswa Kelas XII SMK. Paket bimbingan Alaternatif Rencana Karier untuk Siswa Kelas XII SMK ini terdiri dari lima topik yaitu (1) Persiapan dan Pemahaman Diri (2) Memasuki Dunia Kerja (3) Memasuki Perguruan Tinggi (4) Mengembangkan Keterampilan (5) Belajar untuk Membuat Keputusan yang Tepat. Paket bimbingan ini terdiri dari pendahuluan, isi materi, rangkuman dan evaluasi. 

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan model Reaseach and Development ( R & D) Borg dan Gall (1983). Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah (1) melakukan need assesment (2) analisis dan menentukan prioritas kebutuhan (3) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus paket bimbingan (4) penyusunan model paket bimbingan (5) menghasilkan produk awal paket bimbingan (6) penilaian oleh ahli (7) revisi pertama (8) penilaian oleh calon pengguna produk (9) revisi kedua (10) produk akhir. Penilaian oleh ahli dilakukan oleh ahli bimbingan dan konseling, ahli bahasa dan ahli media pembelajaran, sedangkan uji calon pengguna produk dilakukan oleh konselor dari dua Sekolah Menengah Kejuruan.

Berdasarkan penilaian oleh ahli dan calon pengguna produk paket bimbingan Alternatif Rencana Karier untuk Siswa Kelas XII SMK ini dilihat dari aspek kegunaan masuk dalam kategori sangat berguna, dari aspek kemudahan masuk dalam kategori sangat mudah, dari aspek kemenarikan masuk dalam kategori sangat menarik, dan dari aspek ketepatan masuk dalam kategori sangat tepat.