SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Persiapan Hidup Berkeluarga untuk Siswa Madrasah Aliyah (MA)

Dyna Falsafy

Abstrak


ABSTRAK

 

Falsafy, Dyna. 2011. Pengembangan Paket Persiapan Hidup Berkeluarga untuk Siswa Madrasah Aliyah (MA). Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd. (II) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si.

 

Kata kunci : Paket, persiapan hidup berkeluarga, siswa Madrasah Aliyah (MA).

 

Siswa MA adalah individu yang telah memasuki masa remaja. Salah satu ciri khas masa remaja adalah semakin meningkatnya interaksi sosial dengan lawan jenis. Informasi yang perlu diberikan kepada siswa MA adalah mengenai bagaimana harus mengelola pergaulan lawan jenis sebagai salah satu bentuk persiapan hidup berkeluarga tanpa melanggar syari'at Islam. Terkait dengan hal tersebut, konselor mempunyai tugas untuk mencegah adanya pergaulan bebas yang tidak sesuai dengan syari'at Islam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memberikan informasi seputar pergaulan lawan jenis kepada siswa.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan paket persiapan hidup berkeluarga yang dapat digunakan konselor MA sebagai media pemberian dan penyampaian informasi tentang persiapan hidup berkeluarga yang berkenaan dengan pergaulan lawan jenis.

Model pengembangan paket ini melalui serangkaian tahapan yang mengacu pada teori pengembangan Borg & Gall (1983) yaitu: (1) need assessment, (2) merumuskan tujuan pengembangan paket, (3) menyusun paket, (4) penilaian uji ahli, (5) revisi produk, (6) uji calon pengguna produk, (6) uji kelompok kecil (uji review). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk need assesment, penilaian uji ahli, calon pengguna produk, serta uji pada kelompok kecil. Penilaian terhadap paket ini dilakukan oleh ahli materi BK, media, serta bahasa. Selain itu juga dilakukan uji calon pengguna produk yaitu konselor dan uji kelompok kecil pada sepuluh orang siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.

Berdasarkan penilaian uji ahli, calon pengguna produk, serta siswa dalam kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa dari aspek kegunaan, diperoleh skor 3,38 yang berarti paket ini sangat berguna bagi konselor dalam memberikan materi informasi dan isi materinya sangat berguna bagi siswa. Skor aspek kemudahan mencapai 3,00 yang berarti mudah digunakan. Dari sisi kemenarikan, skornya adalah 3, 36 yang tergolong sangat menarik baik dari isi materi maupun tampilan fisik. Untuk aspek ketepatan, paket ini menghasilkan skor 3,38 yang dinilai sangat tepat bila digunakan konselor dalam pemberian informasi.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Kepala sekolah dapat menggunakan paket ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelaksanaan layanan BK di sekolah, (2) Konselor hendaknya menggunakan paket ini untuk memberikan informasi persiapan hidup berkeluarga mengenai pergaulan lawan jenis kepada siswa, (3) Perlu uji coba lapangan kepada sasaran yaitu siswa dalam skala besar, agar diketahui keefektifan produk yang dihasilkan. (4) Siswa dapat mempergunakan paket ini sebagai salah satu faktor pertimbangan dalam memahami materi informasi yang dibutuhkan.