SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Bibliokonseling untuk Mengurangi Kebiasaan Merokok pada Siswa SMA

NUR RAHAYU

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Nur. 2011. Penggunaan Bibliokonseling untuk Mengurangi Kebiasaan Merokok pada  Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu  Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd, (II) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci: Bibliokonseling, Kebiasaan Merokok, Siswa SMA

 

Ditemukan fakta bahwa siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) merokok secara sembunyi-sembunyi di lingkungan sekolah dan pada saat berkumpul dengan teman sebayanya.  Siswa merokok dikarenakan baik pengaruh teman sebaya maupun meniru orang tua yang merokok.

Berdasarkan hasil wawancara, saat siswa berkumpul dengan  teman sebayanya,  teman-teman  tersebut membawa rokok  yang  dimaksudkan  untuk  dihisap  bersama  teman  yang  lain.  Siswa menganggap  apabila  tidak  ikut  merokok,  siswa  menganggap  dirinya  kurang memiliki rasa setia kawan dan kurang jantan sebagai seorang laki-laki. Selain itu, siswa mencontoh  kebiasaan merokok  dari  orang  tua  yang merokok.  Orang  tua menunjukkan  perilaku  merokok  kepada  anak  dan  diperbolehkannya  perilaku tersebut  dilakukan  oleh  anak.  Berkaitan  dengan  hal  tersebut,  maka  diperlukan penanganan  yang  tepat  untuk  mengurangi  bahkan  menghentikan  kebiasaan merokok  pada  siswa.

Penelitian  dan  pengembangan  ini  dilaksanakan  dengan tujuan menghasilkan produk bibliokonseling berupa buku untuk membantu siswa SMA dalam mengurangi kebiasaan merokoknya.

Model  penelitian  dan  pengembangan  yang  digunakan  yaitu  model prosedural.  Model  prosedural  adalah  model  yang  bersifat  deskriptif,  yaitu menggariskan  langkah-langkah  yang  harus  diikuti  untuk  menghasilkan  produk.

Data dari penelitian yang berupa hasil penilaian, saran dan kritik diperoleh dari uji validasi  ahli,  sedangkan  uji  kelompok  kecil  berupa  hasil  penilaian  saja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan wawancara.  Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket dan lembar saran perbaikan.

Berdasarkan hasil  analisis data, diperoleh  empat  simpulan hasil penelitian. Pertama,  penggunaan  buku  "Kurangi  Rokokmu  Sekarang!"  dengan  kelola konselor dengan dilakukannya pertemuan selama empat minggu dengan satu kali pertemuan  setiap minggunya efektif mengurangi kebiasaan merokok pada  siswa. Hal  tersebut dapat dilihat dari hasil hitung statistik menggunakan Mann-Whitney yang  menunjukkan    Exact  Sig.  [2*(1-tailed  Sig.)]  yaitu  0.032,  di  sini  terdapat probabilitas  di  bawah  0.05  (0.032