SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Efikasi Diri dan Kecemasan Terhadap Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII SMK PGRI 6 Malang

Rakhmaditya Noorrizki

Abstrak


ABSTRAK

 

Noorrizki, Rakhmaditya. 2011. Hubungan Efikasi Diri dan Kecemasan terhadap Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII SMK PGRI 6 Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed (2) Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi 

 

Kata kunci: efikasi diri, kecemasan terhadap ujian nasional, siswa. 

 

Ujian Nasional merupakan  salah  satu  bentuk  evaluasi  belajar  pada  akhir tahun  pelajaran  yang  diterapkn  pada  beberapa mata  pelajaran.    Ujian Nasional merupakan  syarat  kelulusan  untuk  siswa  tingkat  akhir.  Tes  yang  berperan menentukan lulus atau tidak lulusnya seseorang untuk jenjang pendidikan tertentu berpotensi  besar  membuat  cemas  peserta  yang  mengikutinya.  Bayangan  buruk seperti  tanggapan  dari  lingkungan  sosial,  malu  dan  kehilangan  muka memperparah  efek  kecemasan menghadapi  tes  tersebut.   Efikasi memiliki  peran yang besar dalam menghadapi masalah, supaya kecemasan tidak berlanjut. Efikasi diri dalam belajar adalah penilaian  siswa  terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam  mengerjakan  tugas  sekolah.  Siswa  dengan  efikasi  diri  tinggi  memiliki keyakinan  yang  besar  terhadap  kemampuan  yang  dimilikinya  Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kecemasan terhadap Ujian  Nasional pada siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang.

Penelitian  ini  berjenis  deskriptif  dan  korelasional,  pengambilan  sampel ditentukan  dengan  teknik  purposive  sampling.  Alat  pengumpul  data  dalam penelitian  ini  adalah  skala  efikasi  diri  dan  skala  kecemasan  terhadap  Ujian Nasional.

Berdasarkan  hasil  analisis  deskriptif,  sebagian  besar  siswa  kelas XII SMK PGRI 6 Malang memiliki efikasi diri tinggi yang rendah dan kecemasan terhadap Ujian  Nasional  yang  sedang.  Hasil  analisis  korelasi  product  moment menghasilkan koefisien korelasi sebesar rxy = -0,462 dengan nilai p = 0,002 (p< 0,05). Ini berarti dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dan kecemasan terhadap Ujian Nasional.

Dari  hasil  penelitian  ini  disarankan  kepada  orang  tua  agar  dapat meningkatkan efikasi putra-putrinya dengan cara selalu memberikan penghargaan bila memang  diperlukan  dan mengurangi  tuntutan  yang  berlebihan  agar  tingkat kecemasan  terhadap  Ujian  Nasional  berkurang.  Bagi  peneliti  selanjutnya diharapkan  dapat  menjadi  referensi  dalam  melakukan  penelitian  lebih  lanjut dengan  memperluas  dengan  pelatihan  efikasi  diri  siswa  untuk  mengurangi kecemasan  terhadap Ujian Nasional.  Bagi  pihak  sekolah  diharapkan  agar  dapat lebih menignkatkan efikasi diri siswanya engan mengadakan pelatihan efikasi diri.