SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA BLOG LAYANAN INFORMASI DUNIA KERJA BAGI SISWA SMALB-B DI YAYASAN PENDIDIKAN TUNAS BANGSA (YPTB) MALANG

Devi Permatasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Permatasari, Devi. 2011. Pengembangan Media Blog Layanan Informasi Dunia Kerja Bagi Siswa SMALB-B Di Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa (YPTB) Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd. (2) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Blog, Informasi Dunia Kerja, Siswa SMALB-B

 

Layanan informasi karier merupakan salah satu alat yang digunakan siswa dalam memperoleh pengetahuan dan pandangan mengenai dunia kerja secara umum. Layanan informasi karier yang dibutuhkan siswa SMALB-B adalah informasi dunia kerja, guru SMALB-B wajib memberikan layanan informasi dunia kerja secara komperhensif. Adanya keterbatasan yang dimiliki siswa tunarungu, maka media blog sebagai pengoptimal layanan informasi dunia kerja.

Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan media blog layanan informasi dunia kerja bagi siswa SMALB-B yang dapat diterima dari segi kepraktisan dan kemenarikan. Media tersebut dibuat untuk memenuhi syarat akseptabilitas atau keberterimaan, yaitu tingkat kegunaan, kelayakan dan ketepatan media blog layanan informasi dunia kerja bagi siswa SMALB-B.

Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan media blog layanan informasi dunia kerja bagi siswa SMALB-B di YPTB Malang ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall, yaitu sebagai berikut: (1) tahap I prapengembangan, bagian ini melakukan observasi, wawancara, need assessment untuk menetapkan informasi dan menentukan prioritas kebutuhan, (2) tahap II pengembangan, bagian ini merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus, menentukan model dan teknik penyusunan produk (persiapan, pelaksanaan dan editing), dan prototipe media blog , (3) tahap III pascapengembangan, bagian ini melakukan uji ahli materi bimbingan dan konseling, uji ahli media bimbingan, uji praktisi dan uji lapangan. Metode analisis pengembangan ini untuk data kuantitatif menggunakan analisis mode sedangkan untuk kualitatif menggunakan analisis isi.

Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media blog layanan informasi dunia kerja bagi siswa SMALB-B YPTB Malang memiliki tingkat akseptabilitas dari segi teoritis dan praktis, sehingga media layanan informasi dunia kerja sesuai bagi siswa SMALB-B. Hasil uji praktisi dan uji lapangan menunjukkan bahwa media blog layanan informasi dunia kerja sangat sesuai bagi siswa SMALB-B YPTB Malang dari segi kemenarikan dan kepraktisan. Berdasarkan hasil validasi dan uji lapangan dapat dikatakan bahwa media blog layanan informasi dunia kerja telah memenuhi syarat akseptabilitas dari segi kemenarikan dan kepraktisan.

Berdasarkan hasil pengembangan, disarankan: (1) media blog layanan informasi dunia kerja perlu digunakan guru di SMALB-B dalam memberikan bimbingan karier kepada siswa SMALB-B, (2) media blog perlu ditambahkan jenis-jenis pekerjaan yang sesuai dengan siswa tunarungu dan meneliti tingkat keefektifan media blog layanan informasi dunia kerja bagi siswa SMALB-B dengan menggunakan rancangan experimen.