SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR UNTUK MENURUNKAN STRES DALAM BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 10 MALANG SAMPOERNA ACADEMY

Eka Widyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyaningsih, Eka. 2011. Efektivitas Penggunaan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior untuk Menurunkan Stres dalam Belajar Siswa Kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M. Pd, (II) Drs. H. Widada, M. Si.

 

Kata Kunci: Stres dalam Belajar, Konseling Kelompok, REBT

Kegiatan belajar dan pembelajaran di sekolah yang terlalu padat dapat menimbulkan stres dalam kadar tinggi pada siswa. Stres yang tinggi dapat menghambat perkembangan individu dalam belajar. Salah satu teknik yang diduga efektif untuk menurunkan stres dalam belajar siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy adalah konseling kelompok Rational Emotive Behavior. 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok Rational Emotive Behavior untuk menurunkan stres dalam belajar siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Rancangan penelitian yang digunakan adalah true eksperiment (eksperimen murni). Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah pretes dan postes dengan menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 10 orang subjek yang terbagi atas 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen 5 subjek dan kelompok kontrol 5 subjek. Data dikumpulkan dengan menggunakan inventori pengukuran stres dalam belajar. Data selanjutnya dianalisis menggunakan two independent samples test Mann Whitney U untuk mengetahui perbedaan tingkat stres dalam belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konseling kelompok Rational Emotive Behavior efektif untuk menurunkan stres dalam belajar siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Konselor sekolah hendaknya menggunakan konseling kelompok Rational Emotive Behavior untuk menurunkan stres dalam belajar siswa. Peneliti selanjutnya hendaknya membandingkan konseling kelompok Rational Emotive Behavior dengan ancangan konseling yang lain untuk menurunkan stres dalam belajar siswa.