SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMA

MIDKHOL HUDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Huda, Midkhol. 2011. Pengembangan Model Sosiodrama Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMA. Skripsi, Jurusan BKP, FIP, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I)  Dra. Elia Flurentin, M.Pd (II) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata kunci : Pengembangan, model sosiodrama, rasa percaya diri.

Sosiodrama adalah permainan peranan yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia. Selain itu sosiodrama sebagai metode yang berarti untuk suatu rencana penyajian materi bimbingan yang didalamnya seorang guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan memainkan peran tertentu di dalam kehidupan masyarakat sosial. Sosiodrama merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapat dikembangkan secara menarik untuk diterapkan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.

Berdasarkan latar belakang di atas maka tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan model sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan  rasa percaya diri siswa SMA.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan prosedural dengan mengadaptasi langkah-langkah dari Borg dan Gall. Langkah-langkah dari Borg dan Gall yang diadaptasi dalam penelitian ini meliputi, menentukan potensi dan masalah penelitian, mengumpulkan informasi, mendesain produk, validasi desain, perbaikan atau revisi desain, uji lapangan, dan revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Malang.

Dari hasil perhitungan uji ahli bimbingan dan konseling secara keseluruhan, diperoleh nilai rerata 3,06. Nilai rerata 3,06 dapat diinterpretasikan bahwa panduan sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMA ini sangat baik. Dari hasil perhitungan secara keseluruhan uji ahli drama, diperoleh nilai rerata 3,73. Nilai. 3,73 dapat diinterpretasikan bahwa panduan sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMA ini sangat baik bila dilaksanakan.

Dari hasil perhitungan uji ahli lapangan (konselor) secara keseluruhan, diperoleh nilai rerata 2,78. Nilai. 2,78 dapat diinterpretasikan bahwa panduan sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMA ini baik bila dilaksanakan.

Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)  Sekolah hendaknya menyediakan fasilitas ruangan yang fleksibel untuk digunakan dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai metode belajar, agar pemberian materi dengan suatu metode misalnya sosiodrama tidak mengalami hambatan, (2) Untuk pengguna produk (konselor) diharapkan untuk memahami dan mengaplikasikan panduan sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMA dan mempelajari panduan sosiodrama ini dalam pelaksanaan layanana bimbingan dan konseling, (3) Mengingat pentinganya pengembangan produk yang telah dikembangkan ini diharapkan peniliti selanjutnya dapat memperluas subjek dan wilayah penelitian dalam mengembangkan produk lanjutan dari produk ini disertai dengan dikembangkannya produk kedalam topik-topik lainya sehingga tingkat kebergunaan dari produk lebih luas.