SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KONFORMITAS PADA ANAK JALANAN JARINGAN KEMANUSIAAN JAWA TIMUR (JKJT) KOTA MALANG

IKE DWI HERAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Herawati, Ike Dwi. 2011. Hubungan antara Konsep Diri dengan Konformitas pada Anak Jalanan Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Fattah Hidayat, S.Psi, SE, M.Si, (2) Drs. H. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata kunci: konsep diri, konformitas, anak jalanan.

 

Pada  masa remaja kehidupan untuk berkumpul bersama teman-teman tidak lepas dari dirinya. Sehingga remaja cenderung menuju kearah teman sebaya dan mulai melepaskan dirinya dari pengaruh orang tua. Jika remaja selalu mengikuti norma kelompoknya maka tugas perkembangan remaja yaitu mencapai kedewasaan, kemandirian, dan pada akhirnya untuk membina kehidupan berumah tangga menjadi terhambat. Sedangkan anak jalanan itu sendiri, identik dengan kehidupan yang keras, sangat mengikuti aturan-aturan yang dibuat kelompok dan berusaha menjadi sama dengan teman-teman anak jalanan yang lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikan konsep diri anak jalanan, (2)mendeskripsikan konformitas anak jalanan, (3) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsep diri dengan konformitas anak jalanan Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Kota Malang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif korelasional. Untuk mengetahui tingkat validitas aitem digunakan Korelasi Product Moment, dengan r tabel= 0.349   untuk n= 30, reliabilitas aitem dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach, skala konsep diri memiliki reliabilitas sebesar 0.889, dan skala konformitas memiliki reliabilitas sebesar 0.882. Penelitian dilakukan pada komunitas anak  jalanan di Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Kota Malang dengan subyek penelitian berjumlah 40 anak. Instrumen yang digunakan berupa skala konsep diri dan skala konformitas yang dikembangkan oleh penulis. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif dan teknik analisis Korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan  positif antara konsep diri dengan konformitas pada anak jalanan dengan nilai koefisien korelasi sebesar r= 0.762 dengan p