SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi, Pembelajaran, Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Kalangan Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang)

Ugik Oktavianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Sepeda motor Honda yang sudah  lama berada di Indonesia, dengan segala keunggulannya  tetap mendominasi pasar dan  sekaligus memenuhi  kebutuhan  angkutan  yang  tangguh, irit  dan  ekonomis  di  tengah-tengah  persaingan  yang  begitu  tajam  akibat banyaknya merek pendatang baru. Untuk menghadapi persaingan tersebut produk Honda  selalu  menciptakan  penemuan-penemuan  baru  yang  mana  disesuaikan dengan perkembangan jaman dan keinginan dari masyarakat agar produknya tetap laku  terjual.  Jika  berbicara  tentang  penjualan  tentu  saja  berkaitan  dengan konsumen  dan  perilakunya.  Perusahaan  tentu  akan  berusaha  meningkatkan penjualan  dengan  berbagai  cara,  diantaranya  memperhatikan  faktor  yang mempengaruhi  keputusan  pembelian  konsumen.  Motivasi,  pembelajaran,  dan sikap adalah determinan penting bagi keputusan pembelian suatu produk.

Rancangan penelitian  ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang yang berjumlah 40 orang, dengan  teknik pengambilan subyek purposive.  Instrumen pengambilan data berupa skala motivasi, pembelajaran, sikap, dan keputusan pembelian. Data penelitian  dianalisis  dengan  teknik  analisis  korelasi  dan  teknik  analisis  regresi linier berganda.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  ada  hubungan  positif  antara motivasi  dan  keputusan  pembelian.  Motivasi  berpengaruh  signifikan  terhadap keputusan  pembelian,  variabel  motivasi  memberikan  Pengaruh  sebesar  32% terhadap keputusan pembelian; (2) ada hubungan positif antara pembelajaran dan keputusan  pembelian.  Pembelajaran  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan pembelian, variabel pembelajaran memberikan Pengaruh sebesar 13,06% terhadap keputusan  pembelian;  (3)  ada  hubungan  positif  antara  sikap  dan  keputusan pembelian. Sikap berpengaruh signifikan  terhadap keputusan pembelian, variabel sikap memberikan Pengaruh  sebesar  23,64%  terhadap  keputusan pembelian;  (4) motivasi,  pembelajaran,  dan  sikap  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan pembelian. Variabel motivasi,  pembelajaran,  dan  sikap  secara  simultan mampu menjelaskan  variabel  keputusan  pembelian  sebesar  68,7%,  selebihnya  sebesar 31,3%  di  jelaskan  oleh  variabel  lain  yang  tidak  dibahas  dalam  penelitian  ini. Namun  ketika  secara  bersama-sama,  variabel  motivasi  yang  lebih  berpengaruh terhadap keputusan pembelian dari pada pembelajaran dan sikap.

Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disarankan:  (1)  kepada  perusahaaan untuk  lebih  memperhatikan  faktor  motivasi,  dengan  demikian  perusahaan diharapkan  dapat meningkatkan motivasi  konsumennya  yang  saat  ini  berada  di tingkat  sedang. Karena  jika  diperhatikan dengan  baik maka motivasi meningkat dan pada  akhirnya membuat keputusan pembelian  naik menjadi  lebih  kompleks; (2)  sedangkan  bagi  peneliti  selanjutnya  yang  berminat  membahas  keputusan pembelian  disarankan  untuk  melakukan  penelitian  secara  lebih  lengkap  dan komprehensif  dengan  cara  menambah  variabel-variabel  yang  mempengaruhi keputusan pembelian