SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI KARIER BERBASIS PERMAINAN PUZZLE PADA PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B

Happy Devitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Devitasari, Happy. 2011. Pengembangan Media Informasi Karier Berbasis Permainan Puzzle pada Peserta didik Taman kanak-kanak Kelompok B. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. M. Ramli, M.A. (2) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media, informasi karier, permainan puzzle, Taman Kanak-kanak.

 

Pada masa Taman Kanak-kanak media permainan puzzle dalam pemberian informasi karier belum pernah diberikan oleh guru kepada peserta didiknya,  sehingga pemberian informasi karier perlu dilakukan sejak dini untuk itu diperlukan media yang tepat untuk peserta didik TK. Salah satu media yang cocok untuk anak TK adalah media permainan puzzle, karena itu maka perlu dikembangkan media informasi karier berbasis permainan puzzle pada peserta didik TK.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media informasi karier berbasis permainan puzzle untuk peserta didik TK yang diterima secara teoritis maupun praktis yang dapat digunakan oleh guru TK dalam membantu peserta didik TK mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitarnya.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian media informasi karier berbasis permainan puzzle pada peserta didik TK ini adalah adaptasi penelitian pengembangan  model Borg dan Gall (1983). Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah (1) melakukan kajian pustaka, (2) melakukan need assessment, (3) menganalisis dan menentukan prioritas kebutuhan, (4) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus permainan puzzle, (5) menyusun produk awal permainan puzzle, (6) memvalidasi produk (uji ahli dan uji pengguna produk), (7) menyempurnakan produk akhir. Subjek penelitian adalah ahli bimbingan konseling, ahli media bimbingan, dan calon pengguna produk. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk. Hasil dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media informasi karier berbasis permainan puzzle pada peserta didik Taman Kanak-kanak berterima secara teoretis dan praktis. Media tersebut sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan sangat menarik digunakan sebagai media informasi karier bagi anak TK.

Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan adalah (1) media permainan puzzle dapat digunakan oleh guru TK dalam rangka memberikan informasi karier kepada peserta didik TK, (2) peneliti selanjutnya perlu menambah informasi karier mengenai jenis-jenis pekerjaan karena peneliti hanya menggunakan sepuluh jenis-jenis pekerjaan dan meneliti tingkat keefektivan media informasi karier berbasis permainan puzzle terhadap peserta didik TK dengan menggunakan rancangan experimental, dan  (3) untuk memudahkan penggunaan media hasil penelitian ini maka perlu dikembangkan software interaktif untuk lebih meningkatkan keefektivan penggunaan bagi peserta didik.