SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN JATIMULYO 01 MALANG

Hariza .

Abstrak


ABSTRAK

 

Hariza. 2011. Penerapan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Jatimulyo 01 Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd, (II) Drs. I Made Seken, M.Pd.

 

Kata kunci: learning cycle, pembelajaran IPA

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan terhadap pembelajaran IPA ditemukan fakta bahwa pembelajaran hanya terikat pada LKS yang berisi kumpulan soal. Aktivitas belajar siswa cenderung pasif, hanya sebatas mendengarkan penjelasan dari guru kemudian mengisi LKS untuk selanjutnya dibahas bersama-sama di kelas dan dinilai. Hal ini berdampak buruk terhadap hasil belajar siswa. Berkaitan dengan itu, perlu diadakan perbaikan pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model learning cycle.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model learning cycle dalam pembelajaran IPA, aktivitas belajar siswa kelas dalam pembelajaran IPA dengan penerapan model learning cycle, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan penerapan model learning cycle.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Malang. Data penelitian yang dikumpulkan yakni data berupa paparan penerapan model learning cycle, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA dengan penerapan model learning cycle. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes.

Pada penelitian ini diperoleh tiga simpulan yakni (a) penerapan model learning cycle pada pembelajaran IPA menggambarkan tahapan mulai dari siswa memperoleh pengetahuan sampai penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, (b) penerapan model learning cycle pada pembelajaran IPA mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, peningkatan aktivitas tersebut dapat dilihat selama pembelajaran berlangsung berupa siswa melakukan kegiatan untuk menemukan pengetahuan baru, mengkomunikasian hasil kegiatan, mengajukan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari, (c) penerapan model learning cycle pada pembelajaran IPA mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 58,75 dengan ketuntasan 31,25%. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata hasil belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 74,6 dengan ketuntasan 56,25%. Pada siklus 2, diperoleh rata-rata hasil belajar mencapai 88 dengan ketuntasan 87,5%. Untuk itu, disarankan model pembelajaran learning cycle hendaknya dapat diterapkan dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.