SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Prokrastinasi Akademik dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Malang

Fitri Amaliah

Abstrak


ABSTRAK

 

Amaliah, Fitri. 2011. Hubungan Prokrastinasi Akademik dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed (2) Anies Syafitri., S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Malang.

 

Prestasi belajar yang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari dalam diri peserta didik maupun faktor-faktor lain di luar peserta didik, prokrastinasi atau menunda-nunda pekerjaan juga dapat menjadi salah satu kendala siswa dalam meraih prestasi belajar yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan prokrastinasi akademik dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik stratified proportional random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala  prokrastinasi akademik dan nilai rapor semester I tahun ajaran 2010-2011. Pada penelitian ini, subjek diminta untuk mengisi skala prokrastinasi akademik kemudian skornya dikorelasikan dengan nilai rata-rata semester I. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis korelasi product moment pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang sebagian besar dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 58,23% dan prestasi belajar siswa sebagian besar dalam kategori sangat tinggi sebesar 96,20%. Uji hipotesis menyimpulkan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara prokrastinasi akademik dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang (rxy= -0,619; p= 0,000