SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara kecerdasan emosi dan stres siswa dengan prestasi belajar matematika pada remaja di SMAN 2 Batu

Irfan Anugerah Putra

Abstrak


Ditetapkannya nilai standar kelulusan yaitu 5,25, banyak siswa yang mengalami stres sehingga prestasi belajar matematika menjadi menurun.  Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, sikap terhadap mata pelajaran matematika tersebut membuat orang akan mengalami ketakutan dan menjadi malas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosi dan stres dengan prestasi belajar matematika. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan deskriptif dan korelasional terhadap 134 sampel siswa SMAN 2 Batu. Data dikumpulkan dengan angket dan skala yang semuanya memiliki validitas konsistensi internal lebih besar dari 0,3, dan nilai reliabilitas Alpha Cronbach lebih besar 0,3. Data dianalisis secara deskriptif, regresi linier dan regresi linier ganda menggunakan program SPSS 12 dan 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosi berada dalam kategori agak tinggi (50,7%), stres berada dalam kategori agak tinggi (47,8%) dan prestasi belajar berada dalam kategori agak tinggi juga (36,6%). Kecerdasan emosi mempunyai hubungan positif dengan prestasi belajar (R = 0,502; Fhitung = 44,463; p