SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku asertif dan efektivitas hubungan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang

Karunia Rachmawati Tri Kusuma Wardhani

Abstrak


Penyesuaian pribadi dan sosial remaja ditekankan pada lingkup kelompok teman sebaya yang merupakan lingkungan sosial pertama bagi remaja untuk belajar hidup bersama orang lain yang bukan anggota keluarganya. Dalam mengadakan hubungan dengan teman sebaya, remaja dituntut untuk dapat lugas, menyenangkan dengan tetap memperhatikan kepentingan orang lain bukan hanya kepentingan pribadi. Dengan demikian yang diharapkan dapat terwujud yaitu efektivitas hubungan interpersonal antarteman sebaya yang di dalamnya terdapat situasi hubungan yang menyenangkan. Situasi yang menyenangkan dapat terjadi apabila individu yang satu dengan yang lainnya dapat mengkomunikasikan perasaan positif maupun negatif dengan lugas, terbuka dan tetap memperhatikan perasaan orang lain,  salah satunya yaitu perilaku asertif.
Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab pertanyaan apakah ada hubungan antara perilaku asertif dan efektivitas hubungan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa siswa di sekolah ini memiliki latar belakang budaya yang beragam karena mereka berasal dari berbagai daerah. Dengan demikian kondisi tersebut memungkinkan satu bentuk hubungan interpersonal yang beragam pula.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku asertif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang, (2) efektivitas hubungan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang, dan (3) hubungan antara perilaku asertif dan efektivitas hubungan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang.
    Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang dengan jumlah 326 siswa, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 68 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala model Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, persentase, dan analisis korelasional.
    Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) perilaku asertif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang menunjukkan bahwa siswa yang memiliki perilaku asertif sangat tinggi sebesar 3,1%, tinggi sebesar 80,8%, sedang sebesar 16,1 %, rendah dan sangat rendah 0%, (2) efektivitas hubungan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang menunjukkan bahwa siswa memiliki efektivitas hubungan interpersonal sangat tinggi sebesar 6,06%, tinggi sebesar 83,3%, sedang sebesar 10,6%, rendah dan sangat rendah 0%, dan (3) hasil pengujian hipotesis didapatkan hasil bahwa ada hubungan yang signifikan dengan arah yang positif dengan nilai korelasi (rxy= 0,391 dan p