SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Pengenalan Diri Remaja untuk siswa SMP

Dian Ratna Novitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Novitasari, Dian Ratna. 2010. Pengembangan Paket Pengenalan Diri Remaja Untuk Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd. (II) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

Kata kunci : pengembangan, pengenalan remaja, paket.

 

Masa remaja merupakan bagian penting dalam perkembangan individu. Pada masa ini terjadi perubahan pada tubuh baik fisik maupun psikologi. Perkembangan individu dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut dimasa dewasa. Pada perkembangan tersebut, remaja harus paham terhadap dirinya sehingga bisa menyesuaikan diri. Masalah utama pada remaja yaitu masih labil, masih mencari jati dirinya, mengalami krisis identitas. Remaja butuh informasi yang tepat agar remaja mampu mengenal dirinya sebagai remaja dan tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif.

Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan paket pengenalan diri remaja yang praktis digunakan sebagai media bimbingan tentang remaja. Paket pengenalan diri remaja yang dihasilkan harus memenuhi spesifikasi keberterimaan untuk siswa

Rancangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983). Model ini dinamakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari 10 langkah : (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji ahli, (5) revisi produk utama, (6) uji calon pengguna produk yaitu konselor, (7) revisi produk, (8) uji calon pengguna produk yaitu siswa, (9) revisi, (10) produk akhir

Hasil produk pengembangan paket pengenalan diri remaja melalui uji ahli dan uji calon pengguna produk yaitu konselor dan siswa, maka diperoleh karakteristik produk yang sangat berguna, sangat mudah, sangat tepat dan sangat menarik baik modul pengenalan diri remaja atau pedoman paket pengenalan diri remaja. Sehingga, paket pengenalan remaja ini dapat dipakai sebagai layanan informasi.

Berdasarkan hasil temuan-temuan pengembangan ini, diajukan saran bagi konselor SMPN 5 Malang yaitu produk pengembangan paket pengenalan remaja ini dapat digunakan sebagai salah satu layanan informasi untuk siswa SMP. Bagi pengembang selanjutnya, hasil produk pengembangan ini dapat diteliti lebih lanjut efektifitasnya dan memperluas subyek pengembangan pada tingkat satuan pendidikan lain dengan desain produk yang lebih menarik