SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENURUNAN STRES MELALUI DIET SEHAT BERDASARKAN GOLONGAN DARAH PADA MAHASISWA

Mardiah Makapedua

Abstrak


ABSTRAK

 

Makapedua, Mardiah. 2010. Penurunan Stres Melalui program Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah Pada Mahasiswa. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I)  Dra. Sri Weni Utami, M.Si  (II)  Ninik Setiyowati S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: Stres, Diet Sehat, Golongan Darah, Mahasiswa.

 

Masyarakat saat ini terus menerus ditekan untuk mencapai lebih banyak dalam waktu yang semakin sedikit. Stres terjadi jika orang dihadapkan dengan peristiwa yang mereka rasakan sebagai mengancam kesehatan fisik atau psikologisnya, peristiwa tersebut biasanya dinamakan dengan stresor, dan reaksi orang terhadap peristiwa tersebut dinamakan respon stres. Stres dapat dilawan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun tingkat stres berdasarkan golongan darah. Melalui management makan yang sesuai dengan golongan darah, kita dapat mengkondisikan tubuh kita untuk lebih cepat pulih dari stres.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diet sehat berdasarkan golongan darah terhadap penurunan tingkat stres pada mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah  The One-Group Pretest-Posttest Only Design. Alat pengumpul data berupa Daily Stress Inventory (DSI). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Psikologi, jurusan Matematika dan jurusan Kimia dengan Universitas Negeri Malang angkatan 2006 - 2009 dengan total subyek 5 orang yang ditentukan berdasarkan skor tertinggi dengan perhitungan menggunakan standar deviasi. Subyek  penelitian diberi treatmen berupa diet sehat berdasarkan golongan darah A selama 7 hari.

Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan stress yang signifikan pada skor pretest  dan postest subyek yang diberi treatment diet sehat berdasarkan goongan darah pada mahasiswa (diperoleh Asymp.Sig  sebesar 0.043 dimana 0.043 < 0.05 = signifikan). Hal ini berarti bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan diet sehat berdasarkan golongan darah A, mahasiswa dapat menurunkan tingkat stres yang dialami.

Disarankan untuk peneliti selanjutnya yang berminat mengkaji permasalahan ini untuk menggunakan teori lain dan metode berbeda, seperti menggunakan eksperimen murni. Sebenarnya masih banyak aspek yang bisa diukur, diungkap dan dijadikan studi untuk penelitian dalam lingkup yang sama. Misalnya menggunakan subyek yang berbeda, seperti meneliti tentang penurunan stress kerja pada karyawan perusahaan dengan menggunakan diet sehat berdasarkan golongan darah atau penurunan stres pada guru / dosen dengan menggunakan diet sehat berdasarkan golongan darah, atau dengan meneliti pengaruh diet sehat berdasarkan golongan darah B, O atau AB.