SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN INTELIGENSI ANTARA ANAK YANG LAHIR TEPAT WAKTU DENGAN ANAK YANG LAHIR PREMATUR

Deska Tri Ismiani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ismiani, Deska Tri. 2010. Perbedaan Inteligensi Antara Anak yang Lahir Tepat Waktu Dengan Anak Lahir yang Prematur. Skripsi, Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si (II) Nur Eva, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: inteligensi, kelahiran tepat waktu, kelahiran prematur.

 

Inteligensi atau kecerdasan merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan seorang individu selama masa hidupnya. Dengan inteligensi seseorang dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan pendidikan maupun masyarakat sekitar. Tingkat kecerdasan seseorang biasanya di ukur dengan alat ukur psikologis sehingga nantinya menghasilkan skor kecerdasan. Hasil dari pengukuran itu sendiri, yang pada umumnya disebut dengan IQ (Intelligence Quotient). Lamanya masa kehamilan hingga persalinan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi inteligensi. Hal ini menentukan lengkap atau tidaknya dan sempurna atau tidaknya organ-organ dalam individu dapat berkembang dengan baik. Proses kelahiran tepat waktu maupun kelahiran prematur menjadi penentu kecerdasan seseorang dengan segala proses perkembangan selanjutnya setelah bayi dilahirkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana perkembangan inteligensi pada anak yang lahir normal, 2) bagaimana perkembangan inteligensi pada anak yang lahir prematur, 3) apakah ada perbedaan inteligensi antara anak yang lahir normal dengan anak yang lahir prematur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat ukur yaitu tes WISC untuk mengukur kecerdasan. Subyek penelitian adalah 10 siswa kelas 2 dan 3 SDN Percobaan 1 Malang, dengan kriteria lahir normal dan prematur usia 7-9 tahun. Cara menentukan subyek lahir tepat waktu yaitu menggunakan teknik random dengan cara undian menggunakan nomor absen dari setiap anak lalu dikocok.

Hasil penelitian dengan rancangan deskriptif dan komparatif dengan menggunakan Mann Whitney- test menunjukan bahwa Ada perbedaan inteligensi antara anak yang lahir normal dengan anak yang lahir prematur dengan nilai Z = -2.305, signifikan pada 0.021 < 0.025. Dari tes yang diberikan dengan menggunakan alat tes WISC diperoleh hasil 5 subyek yang lahir tepat waktu sebagian besar memiliki kecerdasan termasuk kedalam kategori rata-rata, sedangkan 5 subyek pada anak yang lahir prematur semuanya termasuk kedalam kategori superior, sehingga anak yang lahir prematur memiliki inteligensi yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan anak yang lahir tepat waktu .

Saran yang dikemukakan: (1) Bagi siswa, setiap anak memiliki potensi yang sama untuk mengembangkan kecerdasan yang dimiliki, tidak tergantung dari lahir tepat waktu maupun prematur, (2) Bagi orangtua, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk terus meningkatkan dan mendukung anak dalam hal pendidikan agar dapat mengeluarkan potensi terbaiknya, (3) Bagi peneliti selanjutnya, masih banyak aspek lain yang dapat di teliti dari perbedaan anak yang lahir normal dengan anak yang lahir prematur.