SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PERILAKU DIET UNTUK PENURUNAN BERAT BADAN DENGAN PERCAYA DIRI PADA REMAJA PUTRI DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Verry Kurnia Indah

Abstrak


ABSTRAK

 

Indah, Verry Kurnia. 2010. Hubungan Antara Perilaku Diet Untuk Penurunan Berat Badan Dengan Percaya Diri Pada Remaja Putri Di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si, (II) Diantini Ida Viatrie,  S.Psi, M.Si.

 

Kata kunci: perilaku diet, penurunan berat badan, percaya diri.

 

Saat ini banyak remaja putri yang sangat mendambakan tubuh ideal seperti para  model yang sering tampil di media cetak maupun media elektronik dengan melakukan perilaku diet demi turunnya berat badan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat perilaku diet untuk penurunan berat badan, (2) tingkat percaya diri, (3) hubungan antara perilaku diet untuk penurunan berat badan dengan percaya diri pada remaja putri di Universitas Negeri Malang.

Desain yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional dengan subyek sebanyak 90 mahasiswi UM yang ditentukan dengan teknik Quota Sampling. Data perilaku diet untuk penurunan berat badan dikumpulkan dengan skala perilaku diet untuk penurunan berat badan (koefisien validitas item antara 0,312 sampai 0,748 dan koefisien relibialitas Alpha Cronbach 0,718), dan data percaya diri dikumpulkan dengan skala percaya diri (koefisien validitas item antara 0,288 sampai 0,668 dan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach 0,709).

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat perilaku diet untuk penurunan berat badan sebanyak 6 orang (7%) termasuk dalam kategori sangat tinggi, 47 orang (52%) termasuk kategori tinggi, 31 orang (34%) termasuk  kategori rendah dan 6 orang (7%) termasuk  kategori sangat rendah. Sedangkan tingkat percaya dirinya menunjukkan sebanyak  0 orang (0%) termasuk kategori sangat tinggi, 42 orang (47 %) termasuk kategori tinggi, 43 orang (48%) termasuk  kategori rendah, 5 orang (6%) termasuk kategori sangat rendah. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik Korelasi Product Moment yang hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara perilaku diet untuk penurunan berat badan dengan percaya diri (rxy = -0,268 sig = 0,028 < 0,05). Artinya, semakin tinggi perilaku diet untuk penurunan berat badan maka semakin rendah tingkat percaya dirinya, sebaliknya semakin rendah perilaku diet untuk penurunan berat badan maka semakin tinggi tingkat percaya dirinya.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi remaja putri untuk dapat mengontrol dan mengendalikan dorongan dari lingkungan maupun dari dirinya sendiri yang bersifat negatif serta membekali diri dengan pengetahuan terhadap bahaya kesehatan jika melakukan perilaku diet untuk penurunan berat badan yang salah. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, remaja putri hendaknya mampu mengubah cara pandang dan selalu berpikir positif terhadap bentuk tubuhnya sendiri.