SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Tingkat Pengalaman dan pemahaman beragama Dengan Kecemasan Menjelang Masa Pensiun Pada Pegawai Negeri Sipil Pemerintahan Kota Pasuruan

Af'illah Vega Oktarima

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktarima, Af'illah Vega. 2010. Hubungan Antara Tingkat Pengalaman dan pemahaman beragama Dengan Kecemasan Menjelang Masa Pensiun Pada Pegawai Negeri Sipil Pemerintahan Kota Pasuruan.   Program Studi Psikologis. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (1) Dra. Endang Prastuti, M.Si.  (2) Ika Andrini Farida, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: Pengalaman dan Pemahaman Beragama, Kecemasan, Pensiun.

 

Pengalaman dan pemahaman beragama, ialah pengalaman bertingkahlaku sesuai dengan pemahaman mengenai agama, dalam bentuk perasaan dan fikiran diri dalam hubungannya dengan Tuhan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf  keimanan seseorang.  Kecemasan menjelang pensiun ialah suatu respon yang tidak rasional ditunjukkan individu akibat terjadinya tekanan yang bersifat fisik maupun mental akibat ketakutan terhadap bahaya yang nyata atau tidak nyata, dan atau bahaya yang belum, sedang dan akan terjadi sebagai konsekuensi dari pensiun. Saat seseorang merasa cemas akan suatu hal yang mengancam dirinya, ia menggunakan pemahaman agamanya untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan melakukan usaha-usaha positif yang bisa mendatangkan ketenangan, ketentraman, dan kedamaian dalam dirinya.  Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengalaman dan pemahaman beragama para pegawai negeri sipil saat menjelang masa pensiun, (2) Mengetahui  tingkat kecemasan para pegawai negeri sipil menjelang masa pensiun, (3)Mengetahui hubungan antara pengalaman dan pemahaman beragama dengan kecemasan pegawai negeri sipil menjelang masa pensiun.

Subyek penelitian adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Kota Pasuruan yang akan pensiun di tahun 2011.  Data penelitian diperoleh dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Pengalaman dan pemahaman beragama dan Skala Kecemasan.  Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara Pengalaman dan pemahaman beragama dengan Kecemasan adalah Analisis Korelasional Product Moment.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 37 orang (92,5 %) memiliki pengalaman dan pemahaman beragama tinggi, 3 orang (7,5 %) memiliki pengalaman dan pemahaman beragama sedang, dan tidak ada yang memiliki pengalaman dan pemahaman beragama rendah. Serta sebanyak 0 %  atau tidak ada yang memiliki kecemasan tinggi, 6 orang (15 %) memiliki kecemasan sedang, dan 34 orang (85 %) memiliki kecemasan rendah.  Hasil penelitian korelasional Product Moment dari Karl Pearson terhadap 40 orang didapatkan nilai rxy = -0,427  dan Probabilitas error (sig.) yaitu sebesar 0,006. Karena nilai probabilitas error < 0,05 yakni 0,006, dan r hitung -0,427 (negatif). Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara pengalaman dan pemahaman beragama (x) dengan kecemasan menjelang pensiun (y) pada pegawai negeri sipil Pemerintahan Kota Pasuruan diterima.

Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyarankan kepada beberapa pihak yaitu: (1) Bagi pegawai pegeri sipil yang akan pensiun dan memiliki tingkat pengalaman dan pemahaman beragama sedang agar lebih meningkatkan pemahaman beragamanya.  Sedangkan bagi pegawai yang memiliki pengalaman dan pemahaman beragama tinggi diharapkan untuk tetap memelihara kebiasaan baiknya. (2) Bagi Pemerintah Kota Pasuruan sebagai lembaga yang menaungi Pegawai Negeri Sipil supaya membuat suatu kegiatan secara rutin bagi PNS yang akan pensiun yang bersifat keagamaan, pelatihan wirausaha, manajemen stres yang bertujuan untuk mengurangi kecemasan yang ditimbulkan oleh datangnya pensiun. (3) Bagi penelitian selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain atau dengan menggunakan metode yang lain.