SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Tipe Kepribadian, Prestasi Belajar Dan Arah Pilihan Karier Siswa SMA Negeri 2 Blitar

Putri Rosita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Putri Rosita. 2010. Hubungan antara Tipe Kepribadian, Prestasi Belajar dan Arah Pilihan Karier Siswa SMA Negeri 2 Blitar. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd, (II) Dr. Triyono M.Pd.

 

Kata kunci: tipe kepribadian, prestasi belajar, pilihan karier

 

Pilihan karier menjadi suatu hal yang penting untuk dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh seseorang. Remaja yang akan menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki kebutuhan untuk menentukan jurusan yang akan mereka tempuh untuk dapat mencapai karier yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Berdasarkan studi psikologis terdapat hubungan antara tipe kepribadian, prestasi belajar dan arah pilihan karier merupakan hal yang saling berkaitan karena bagaimanapun juga individu yang mempunyai intelegensi tinggi dan kepribadian yang sesuai dengan siswa, akan mempunyai keleluasaan dalam memilih arah pilihan kariernya.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran mengenai tipe kepribadian siswa (2) mengetahui gambaran mengenai prestasi belajar siswa, (3) mengetahui gambaran mengenai arah pilihan karier siswa dan (4) mengetahui gambaran mengenai hubungan antara tipe kepribadian, prestasi belajar dan arah pilihan karier siswa SMA Negeri 2 Blitar.

Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII  SMA Negeri 2 Blitar dengan jumlah kelas program  IA  sebanyak 3 kelas dan jumlah kelas program IS sebanyak 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Blitar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel 111 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan dianalisis dengan teknik persentase dan uji Chi-Square.

Hasil penelitian diperoleh tingkat tipe kepribadian siswa kelas XII SMA Negeri 2 Blitar bahwa banyak siswa yang memiliki tipe kepribadian sosial yaitu sebanyak 36 orang atau 32% dari 111 orang. Sebagian besar siswa SMA Negeri 2 Blitar memiliki tipe kepribadian sosial dan arah pilihan kariernya pun sosial. Siswa kelas XII SMA Negeri 2 Blitar memiliki prestasi belajar yang sangat baik yaitu sebanyak 73 orang atau 66% dari 111 orang.  Ada hubungan positif signifikan antara tipe kepribadian dan arah pilihan karier (χ2 = 52.275> r tabel 37.652; Asymp sig 0.001). Ada hubungan positif signifikan antara prestasi belajar dan arah pilihan karier (χ2 = 37.624 > r tabel 11.070; Asymp sig 0.000).

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada beberapa pihak, yaitu (1) bagi konselor SMA bahwa hendaknya konselor melakukan upaya dalam mengembangkan layanan konseling karier maupun bimbingan karier yang diberikan lebih difokuskan pada pemberian bantuan kepada siswa untuk mengutamakan pilihan karier siswa yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya, (2) bagi pendidik/guru diharapkan dapat bekerja sama membantu siswa agar dapat mencapai suatu prestasi yang optimal dan cita-cita yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa, (3) bagi peneliti lanjut diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi para peneliti, khususnya yang tertarik dengan upaya membantu pemilihan karier siswa untuk mengadakan penelitian lebih lanjut dan menambah jumlah populasinya dengan begitu diharapkan akan dapat diperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang arah pilihan karier siswa SMA.