SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata Pada Anak Didik Kelompok B2 TK Al Hidayah Tanggung kota Blitar

Eko Agus Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningsih, Eko Agus. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata Pada Anak Didik Kelompok B2 TK Al Hidayah Tanggung kota Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra.Sutansi, M. Pd, (2) Wuri Astuti, S. Pd.

 

Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Media, Kartu Kata.

 

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan bahwa kemampuan bahasa anak didik kelompok B2 terutama dalam membaca awal masih rendah. Hal tersebut dapat diketahui bahwa lebih dari separuh jumlah anak didik mengalami kesulitan dalam membaca kata yang ditunjukkan oleh guru. Penyebab kesuitan membaca pada anak didik kelompok B2 dikarenakan media dan metode yang digunakan dalam kegitan pembelajaran belum sesuai dengan karakteristik anak. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan pemecahan masalah dengan pemanfaatan media kartu kata.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatan media kartu kata dalam peningkatan kemampuan membaca membaca anak didik kelompok B2 TK Al Hidayah Tangggung Kota Blitar, (2) mendeskripsikan pemanfaatan media kartu kata dalam meningkatan kemampuan membaca anak didik kelompok B2 TK Al Hidayah Tangggung Kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus  dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah semua anak didik kelompok B2 TK Al Hidayah Tanggung kota Blitar dengan jumlah 18 anak didik. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pelaksana (pengajar) sekaligus observer yang dibantu oleh mitra peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan  membaca pada anak didik kelompok B2 TK Al Hidayah Tanggung. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar klasikal prasiklus mencapai 50%, siklus I sebesar 61% dan pada siklus II 76%. Pada proses pelaksanaan pembelajar menunjukkkan hasil siklus I 63% dan pada siklus II 90% sehingga kemampuan membaca anak didik kelompok B2 TK Al Hidayah Tanggung Kota Blitar dapat dikatan meningkat serta kualiatas proses pembelajaran membaca dengan pemanfaatan media kartu kata juga dapat dikatakan meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa pada kegiatan pembelajaran membaca bagi anak didik kelompok B hendaknya guru menggunakan media kartu kata. Pembelajaran yang dilakukan sebaiknya dengan kegiatan bermain sehingga anak merasa senang. Untuk memperoleh hasil yang baik dalam menggunakan kartu kata perlu adanya pengelolaan kelas yang baik sehingga anak didik akan lebih berkonsentrasi. Penyediaan kartu kata sebaiknya juga hanya sebatas jumlah anak didik saja.